Macam Macam Pantun dan Contohnya

Updated at : September 19, 2015
Macam macam pantun dan contohnya - Pantun adalah puisi melayu lama berasal dari indonesia dimana terdiri atas sampiran serta isi mempunyai rima a-b-a-b. Pantun merupakan sebuah karya selain memiliki irama serta rima yang indah juga memiliki makna yang penting. Pada awalnya pantun  merupakan sebuah karya sastra indonesia lama yang umum diungkapkan dengan lisan, tetapi dengan seiring zaman pada saat ini pantun juga diungkapkan secara tertulis.

Pantun adalah sebuah karya yang bisa menghibur serta mendidik dan menegur secara bersamaan. Pantun merupakan sebuah ungkapan perasaan serta pikiran. Karya sastra pantun juga menunjukkan jika indonesia memmpunyai ciri khusus tersendiri untuk mendidik serta menyampaikan hal yang bermanfaat.

Macam macam pantun


Dilihat Berdasar Siklus Kehidupan (umur)  :

1. Yang pertama adalah Pantun Anak – Anak, merupakan sastra pantun yang mempunyai hubungan dengan pada masa kanak – kanak. Pantun anak-anak bisa menggambarkan makna suka cita ataupun duka cita.

Contoh Pantun Anak anak :
Dengar lagu berirama
Tertawalah si adik manja
Mari main bersama-sama
Jangan duduk sendiri saja

2. Yang kedua adalah Pantun Orang Muda, yakni sastra pantun yang mempunyai hubungan dengan kehidupan pada masa muda. Pantun orang muda umumnya memiliki makna mengenai perkenalan, Hubungan Asmara, rumah tangga, Perasaan serta nasib.

Contoh Pantun Orang Muda :
Kura-kura dalam perahu
Perahu dayung patah kemudian
Siang malam engkau ku rindu
Datangnya kekasih pujaan hati

3. Yang ketiga adalah Pantun Orang tua, yakni sastra pantun mempunyai hubungan dengan Orang Tua. umumnya mengenai Adat Budaya, Agama, Nasihat, dan lainnya.

Contoh Pantun Orang Tua :
Asam kandis asam gelugur
Kedua asam riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang

Dilihat Berdasar Isinya :

1. Yang pertama adalah Pantun Jenaka, yakni sastra pantun yang berisi mengenai sesuatu yang lucu.

Contoh Pantun Jenaka :
Elok rupanya pohon belimbing
Tumbuh dekat pohon mangga
Elok rupanya berbini sumbing
Biar marah tertawa juga

2. Yang kedua adalah Pantun Nasihat, yakni sastra pantun yang berisi mengenai nasihat, serta bertujuan untuk mendidik dengan memberikan nasihat moral serta budi pekerti.

Contoh Pantun Nasihat :
Dari apa kue lemang
Dari ketan yang dipanggang
Waktu kecil kita ditimang
Ayah Ibu harus disayang


3. Yang ketiga adalah Pantun Teka – Teki , yakni sastra pantun yang berisi mengenai  teka teki, umumnya pendengar atau pembaca diberi kesempatan guna menebak tebak teka teki dari pantun tersebut.

Contoh Pantun Teka Teki : 
Kalau puan, puan cemara
Ambil gelas di dalam peti
Kalau tuan bijak laksana
Binatang apa tanduk di kaki


4. Yang keempat adalah Pantun Kiasan, yakni sastra Pantun yang berisi mengenai kiasan yang umumnya untuk menyampaikan sesuatu hal secara tersirat.

Contoh Pantun Kiasan :
Berburu kepadang datar
Dapatkan rusa belang kaki
Berguru kepalang ajar
Bagaikan bunga kembang tak jadi

Baca juga informasi mengenai Ciri ciri Pantun dan Contohnya Lengkap.

Demikian sekilas informasi tentang macam-macam pantun dan contohnya semoga bermanfaat yang kami rangkum dari berbagai sumber.[]





No comments: