Planet Pluto, Fakta & Informasi Menarik Lainnya

Updated at : September 28, 2015
Pluto merupakan nama dari sebuah planet katai atau planet kerdil di sabuk Kuiper dan merupakan objek trans-Neptunus pertama yang ditemukan.  Lalu apa itu planet katai atau planet kerdil atau planet kurcaci (di dalam bahasa Inggris: dwarf planet) berikut definisinya. Planet katai adalah sebutan bagi objek atau benda langit yang mengorbit pada matahari dalam sistem Tata Surya yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut

  • mengorbit mengelilingi matahari, 
  • memiliki massa yang cukup untuk mempunyai gravitasi sendiri agar bisa mengatasi tekanan benda tegar sehingga benda angkasa itu memiliki bentuk ekuilibrium hidrostatik ( atau bentuk hampir bulat ).
  • belum "membersihkan lingkungan" ( yaitu mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa yang berukuran cukup besar yang lain selain satelit alaminya sendiri ) di daerah sekitar orbitnya.
  • bukan merupakan satelit dari sebuah planet dan atau benda angkasa bukan bintang yang lain.

Planet Pluto
Pluto ketika diperlihatkan oleh New Horizons, wikipedia
Berikut ini merupakan fakta dan informasi menarik mengenai Pluto :

1. Planet Pluto Bukan Lagi Planet, Sejak duduk di bangku sekolah kita di ajarkan jika jumlah planet di sistem tata surya kita ada sembilan  yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnurs, Uranus, Neptunus, dan planet Pluto. Tetapi di tahun 2006 tanggal 24 Agustus pada forum International Astronomical Union ke-26 disebutkan jika Pluto bukan lagi planet kesembilan.

2. Pluto adalah planet katai terbesar serta mempunyai massa terbesar kedua di Tata Surya kita dan merupakan benda terbesar yang kesembilan yang mengorbit Matahari secara langsung.

3. Materi alam Pluto tersusun atas batuan yang dilapisi oleh es tipis. Permukaan Pluto tertutup oleh nitrogen beku dan ada kemungkinan terdapat juga air beku yang tersimpan di anatar sela bebatuan.

4. Pluto mempunyai lima buah satelit alami yaitu Charon, Styx, Nix, Kerberos serta Hydra. Charon mempunyai diameter separuh diameter planet ini.

5. Diketahui baru satu pesawat ruang angkasa yang pernah mengunjungi planet Pluto. Yaitu wahana New Horizons yang melintasi planet Pluto di tanggal 14 Juli 2015.

6. Ditemukan pada 18 Februari 1930 oleh warga Kansas yang bernama Clyde W. Tombaugh.

7. Nama Pluto didapat dari nama dewa bawah tanah, nama tersebut di usulkan oleh seorang anak yang berusia 11 tahun yang bernama Venetia Burney asal inggris.

8. Orbit pluto sejajar dengan neptunus sehingga mereka tidak akan bertabrakan atau berdekatan, meski bila nampak atas orbit pluto melintasi orbit neptunus.

9. Periode orbit Pluto adalah 248 tahun Bumi.

10. Berdasarkan pengamatan yang di lakukan oleh wahana New Horizons ukuran diamater Pluto adalah 2370 km dan mempunyai luas permukaan yang kurang lebih sama dengan luas permukaan Rusia.

11. Planet Pluto memunyai atmosfer tipis yang tersusun dari nitrogen (N2), metana (CH4), serta karbon monoksida (CO). Pada atmosfer bagian bawahnya kandungan metananya lebih tinggi bila di bandingkan dengan atmosfer bagian atasnya.

12. Orbit elips yang dimiliki oleh Pluto diperkirakan mempunyai dampak besar atas atmosfernya, seiring planet ini bergerak menjauh dari Matahari, atmosfernya perlahan mulai membeku. dan pada saat planet ini mendekati Matahari suhu dipermukaan padat planet ini meningkat sehingga esnya menyublim.

13. Kecepatan orbit rata-rata planet Pluto adalah 4.7 km/detik.

14. Ukuran satelit palnet ini yaitu Charon yang relatif besar terhadap Pluto membuat keduanya kadang disebut sebagai sistem dua planet katai, alih-alih sebagai satelit.

15. Charon ditemukan pada tahun 1978 atau 48 tahun seseduah Pluto ditemukan, Charon ditemukan oleh astronom yang bernama James Cristy.

Sedangkan keempat satelit yang lain berturut-turut ditemukan pada, Nix dan Hydra baru ditemukan pada bulan Juni 2005 oleh Hubble Space Telescope Pluto Companion Search Team, Kerberos atau S/2011 P 1 atau P4 ditemukan pada 20 Juli 2011 dan Satelit planet Pluto Styx atau S/2012 P 1 atau P5 diumumkan ke publik penemuannya di tanggal 11 Juli 2012.[]






No comments: