6 Fakta Menarik Tentang Galaksi Bima Sakti

Updated at : October 10, 2015
Fakta menarik tentang galaksi bima sakti tidak pernah habis-habisnya dibahas karena diantara semua galaksi yang ada di jagat raya, didalam galaksi Bima Sakti inilah letak tata surya yang merupakan tempat tinggal ras manusia dan semua mahluk hidup di dunia. Dalam bahasa Inggris galaksi Bima Sakti dikenal dengan sebutan The Milky Way yang diambil dari bahasa Latin “Via Lactea” dan Yunani “Galaxias” yang memiliki arti kata susu. Galaksi Bima Sakti merupakan objek atau taburan benda langit yang misterius dan mengagumkan di angkasa. Sebenarnya bagi Anda yang memiliki teropong bisa melihat galaksi ini pada malam hari bila cuaca sedang cerah, tidak berbulan, dan tidak berawan.
Fakta Menarik Tentang Galaksi Bima Sakti
Ilustrasi Galaksi

Fakta Menarik Tentang Galaksi Bima Sakti


Sebagai penduduk bumi, manusia tentunya memiliki ketertarikan tersendiri untuk mengetahui berbagai fakta menarik dan menakjubkan tentang galaksi yang menjadi tempat tinggal manusia selama ini, maka dari itu berikut ini kami uraikan secara singkat 6 Fakta menarik tentang galaksi bima sakti, yaitu :

1. Memuat milyaran bintang didalamnya
Galaksi Bima Sakti memiliki diameter 100.000 tahun cahaya, dengan ketebalan 1.000 tahun cahaya, dan memuat milyaran bintang didalamnya. Kecepatan cahaya yang dimaksud disini adalah cahaya saja membutuhkan waktu 100.000 tahun untuk bisa mencapai diameter galaksi Milky Way ini, atau dalam penjelasan yang lebih sederhana, bila anda menyalakan sebuah lampu senter, setelah itu diarahkan ke sebuah tempat, maka cahaya lampu dari senter tersebut membutuhkan ratusan ribu tahun agar bisa menjelajahi diameter galaksi ini.

2. Berputar pada sumbunya
Galaksi Bima Sakti berputar pada sumbunya dengan kecepatan sekitar 250 km per detik, jadi bisa Anda bayangkan kecepatan tersebut, kita mengendarai mobil atau motor saja dengan kecepatan 100 km per jam saja sudah sangat cepat, apalagi bila perputarannya adalah 250 km per detik. Luar biasa.

3. Berbentuk Spiral
Bila dilihat dari pencitraan satelit (dari atas), galaksi Bima Sakti ternyata berbentuk spiral, dan apabila di lihat dari samping maka akan berbentuk seperti telur mata sapi yang menyatu dengan putih telurnya, dengan tonjolan pada bagian tengahnya dan seolah dikelilingi piringan datar yang besar.

4. Berusia hampir setua dengan Jagat Raya (alam semesta)
Dari penelitian perkiraan terbaru usia alam semesta ini sekitar 13,7 miyar tahun, dan ternyata galaksi Bima Sakti telah berusia 13,6 milyar tahun, hal ini berdasarkan dari bintang-bintang yang berada di gugusan bola Bima Sakti yang ternyata sudah berusia sangat tua. Usia dari sebuah galaksi ditentukan oleh usia bintang-bintang yang berada disekitarnya.

5. Jarak Antara Galaksi Bima Sakti dengan Matahari
Jarak antara pusat galaksi Bima Sakti dengan matahari sekitar 30 ribu tahun cahaya. Bagian pusat galaksi bima sakti ditempati oleh bintang-bintang yang telah berusia tua.

6. Memiliki Kisah Legenda
Bila Anda memiliki kesempatan untuk melihat galaksi Bima Sakti dari bumi, maka Anda akan menyaksikan pemandangan yang mengagumkan dan menakjubkan sebuah galaksi yang nampak seperti kumpulan awan putih yang terurai lembut dan memiliki bintang-bintang yang selalu mengikuti awan putih ini, orang-orang zaman dulu yang pernah melihat galaksi Bima Sakti dengan mata telanjang menyebut bahwa galaksi ini adalah jalan bagi malaikat-malaikat naik ke langit. Dan setelah ilmu pengetahuan mulai berkembang, maka ditemukan fakta bahwa pemandangan mengagumkan tersebut adalah galaksi Bima Sakti yang bertaburan milyaran bintang, sehingga saat ini orang menyebutnya sebagai The Milky Way (jalan susu).

Semoga uraian singkat diatas tentang fakta menarik tentang galaksi bima sakti dapat membuat Anda menyadari betapa sesungguhnya maha luasnya alam semesta beserta isinya, dan kita sebagai manusia ternyata sangatlah kecil.





No comments: