9 Fakta Menarik Tentang Planet Bumi yang Wajib Kita Tahu

Updated at : October 05, 2015
9 Fakta Menarik Tentang Planet Bumi yang Wajib Kita Tahu - Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat ditempati oleh semua makhluk hidup, seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Planet bumi berotasi pada porosnya dengan kecepatan yang diperkirakan mencapai 1.674 km/jam. Sementara Matahari sendiri bersamaan dengan semua planet yang ada di tata surya telah mengorbit pusat di Galaksi Bima Sakti melalui kecepatan hingga 800.000 km/jam. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup di alam semesta, bumi menyimpan fakta-fakta menarik di bawah ini. 

9 Fakta Menarik Tentang Planet Bumi yang Wajib Kita Tahu

1.     Planet Bumi Terlihat Kecil di Seluruh Alam Semesta

Bumi memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan Matahari, terlebih lagi ukuran antara  planet bumi dan Matahari terlihat begitu kontras. Pasalnya dengan sebanyak 109 kali bumi dapat di muat dalam diameter Matahari, bahkan hampir 13.000.000 kali lipatnya saja dari bumi dapat masuk ke dalam Matahari hingga keseluruhan. Berdasarkan ukurannya, Matahari mencakup sebesar 333.000 kali dari massa bumi serta terdiri atas 99,8% massa yang ada di tata surya.
Baca juga Fakta Planet Merkurius dan Penjelasannya.

2.     Bumi Mempunyai Titik Terdalam dan Titik Tertinggi

Planet bumi berbentuk tidak datar, di mana dalam bumi terdapat titik terdalam dan titik tertinggi bumi. Titik terdalam pada bumi berupa palung Mariana yang ada di Samudera Pasifik yang memiliki kedalaman hingga 10.924 meter. Sedangkan titik tertinggi dari bumi adalah unung Everest dengan ketinggian 8.848 meter.

3.     Julukan Planet Paling Cerah

Meskipun planet Venus yang termasuk planet paling terang di tata surya. Pada kenyataannya, bila dilihat di luar angkasa bumi terlihat lebih terang sebab bumi mempunyai warna biru yang cerah.

4.     95 Persen Lautan di Bumi Masih Menjadi Misteri

Walaupun lautan yang ada di bumi mencapai 71% pada permukaan bumi, namun kenyataannya hanya sebesar 5% saja lautan yang sudah dieksplorasi. Hal ini berarti, sisa lautan yang ada di bumi sendiri masih menjadi misteri. Sementara itu, cahaya matahari saja hanya mampu menembus hingga kedalaman 275 meter. Sedangkan sebagian dari air laut berwarna gelap dengan kedalaman sekitar 30 meter. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa tak sedikit area yang gelap belum tereksplorasi.

5.     Mempunyai Planet Kembar

Fakta menarik dariplanet bumi berikutnya adalah awalnya bumi mempunyai planet kembar dengan nama planet Theia. Berdasarkan berita yang berkembang, sekitar 4,5 milliar tahun lalu ada sebuah peristiwa tabrakan hebat antara theia dan bumi, sebagai akibatnya terbentuklah n yang namanya bulan.
Baca juga Planet Pluto, Fakta & Informasi Menarik Lainnya.

6.     Bumi Merupakan Planet Biru

Kenapa di sebut planet biru? sebab, di dalam bumi terdapat 71% perairan sedangkan sisanya berupa daratan. Hal tersebut dibuktikan seorang astronot yang pergi menuju luar angkasa pertama kalinya, dari situlah ia melihat bahwa planet bumi berwarna biru.

7.     Mempunyai Energi Panas Sendiri

Seperti kita ketahui, matahari merupakan sumber energi panas di alam semesta. Namun dibalik itu semua, tersimpan fakta bahwa planet bumi pun mempunyai energi panasnya tersendiri, yakni terdapat pada inti bumi. Bahkan diperkirakan suhu dari inti bumi ini mempunyai suhu yang panas hingga 5.000-7.000 derajat celcius, hal ini sama seperti panas yang terdapat pada permukaan matahari.

8.     Bumi Tidaklah Bulat

Mungkin kita semua awalnya berpendapat bahwa bumi memiliki bentuk yang bulat. Akan tetapi faktanya, bumi memiliki bentuk oblatespheroid atau dengan kata lain bulat pepat, yakni sebuah bulatan agak ceper karena tertekan pada orientasi di sekitar kutub-kutub sehingga mengakibatkan buncitan di bagian khatulistiwa.

9.     Kutub Selatan dan Utara Dapat Bertukar Tempat

Magnetik yang ada di Kutub Selatan dan Kutub Utara dapat berbalik, hal ini diperkirakan sebagai siklus alami dari bumi. Apabila hal ini terjadi, akibatnya putaran rotasi pada planet bumi bisa terbalik. Selain itu pernyataan tersebut diperkirakan sudah terjadi hingga berkali-kali di masa lampau, dengan begitu akan terulang kembali di masa depan. Berdasarkan batuan vulkanik sendiri mengungkapkan di mana keadaan tersebut diperkirakan terjadi terakhir kali pada 780.000 tahun lalu. Hal ini berarti bahwa kita telah memasuki fase selanjutnya dalam siklus tersebut.





No comments: