Apa Itu Jaringan Internet? Tahukah Anda Ada Berapa Macam Pola Jenisnya?

Updated at : October 15, 2015
Jaringan internet adalah sebuah sistem protokol yang diperlukan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi atau pemindahan data dari dua atau lebih perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. 

Sebuah jaringan internet akan memungkinkan pihak pemberi pelayanan untuk menetapkan standarisasi informasi yang dapat diakses dan dibagikan oleh server (pengguna internet), sehingga dengan demikian kepadatan akses luar biasa yang terjadi dalam sebuah protokol akses yang dapat menyebabkan sistem down dapat dihindari. 

Ketika berbicara tentang akses internet, berikut adalah beberapa macam jaringan yang sering digunakan oleh para pengguna internet.

GPRS
Berbicara tentang salah satu model jaringan internet yang ada di Indonesia, GPRS (General Packet Radio Service) mungkin menjadi jawabannya. Jaringan yang satu ini akan memungkinkan para pengguna alat komunikasi bergerak mengirim data email, gambar, atau data lainnya dengan kecepatan mencapai 115kbps tiap detiknya. 

Ada tiga komponen yang menjadi komponen penting agar GPRS dapat digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat yaitu GGSN, SGSN, dan PCU.

3G
Teknologi jaringan internet yang satu ini mungkin tidak akan terdengar asing bagi para pengguna telepon genggam, dimana untuk masing-masing kondisi biasanya kecepatan akses yang akan diberikan berbeda mulai dari 2mbps dalam kondisi diam atau hanya sekitar 384kbps dalam kondisi berjalan. 

Layanan jaringan 3G dapat dinikmati masyarakat dengan menggunakan frekuensi 1900MHz.

DIAL Up
Bagi anda yang sering menggunakan pc di rumah untuk mengakses internet, tentu tidak akan asing dengan istilah dial up, dimana koneksi atau jaringan internet yang satu ini mengandalkan koneksi kabel telepon melalui jalur PTSN (public switched telephone network) untuk akses internet. 

Secara sederhana, anda dapat menghubungi penyedia jasa internet untuk kemudian menghubungkan jalur telpon ke pc komputer menggunakan modem yang diamankan menggunakan kata sandi dan ketika anda menggunakan komputer pc untuk akses internet, kecepatan yang dihasilkan untuk upload maupun download biasanya dapat mencapai 56kbps.

WLAN
Wireless LAN adalah salah satu jaringan internet tanpa kabel yang hingga kini masih menjadi basis jaringan yang paling banyak digunakan baik untuk sistem internet yang ada di area perkantoran, rumah, ataupun pertokoan. Jaringan yang satu ini menggunakan transmisi gelombang radio dalam sistem operasionalnya dan umumnya bekerja dibawah jaringan bandwith 2.4GHz atau 5GHz. 

Bagi banyak orang, jaringan WLAN sangat mudah dan fleksibel digunakan, termasuk dalam proses intalasi maupun sharing jaringan, oleh karena itu kendala geografis maupun kerumitan instalasi paling jarang dijumpai untuk akses WLAN. Koneksi yang dihasilkan pun dianggap cukup memuaskan dengan kemampuan download atau upload mencapai 54mbps. 

4G LTE
Jaringan internet yang satu ini adalah jenis jaringan terbaru untuk akses data ataupun jenis file lainnya, dengan menggunakan jaringan nirkabel tingkat tinggi. Jaringan 3GPP Long Term Evolution ini dianggap sebagai jaringan yang memiliki kemampuan akses lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi UMTS atau HSDPA, khususnya pada telepon genggam. 

Ketika orang awam menggunakan teknologi jaringan yang satu ini, teknologi jaringan tersebut diklaim akan memungkinkan seseorang melakukan upload data hingga 75mbps dan download hingga 300mbps. Dalam prakteknya sistem 4G LTE menggunakan sistem OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) dengan transmisi data 180KHz. Meski demikian, di Indonesia sendiri sistem inimasih dalam tahap perkembangan dan penyempurnaan karena sistem 4G LTE perlu diadaptasikan dengan bandwith yang ada. Semoga informasi tentang jaringan internet ini menambah pengetahuan anda.






No comments: