Ini Dia 8 Fakta Menarik dari Planet Mars, Si Planet Merah

Updated at : October 05, 2015
8 Fakta Menarik dari Planet Mars, Si Planet Merah - Planet Mars merupakan planet keempat terdekat dari Matahari. Adapun nama Mars sendiri diadopsi dari nama dewa perang di Romawi, yakni Mars. Selain itu, warna Mars disematkan karena planet ini memiliki warna kemerahan. Ada beberapa fakta menarik yang dijumpai di planet ini, di antaranya :


Ini Dia 8 Fakta Menarik dari Planet Mars, Si Planet Merah

1.     Mars Memiliki Sebuah Gunung Terbesar

Mars mempunyai sebuah gunung terbesar, yang dinam,akan juga sebagai OlympusMons, yang termasuk gunung tidak aktif. Gunung ini memiliki ketinggian 15,5 mil, berdiameter 372 mil. Selain itu, Planet Mars mempunyai jurang paling besar dalam sistem tata surya, dengan sebutan VallesMarineris yang memiliki kedalaman sedalam 4 mil dan panjang sekitar 2500 ml.

2.     Mars Merupakan Planet Paling Besar Ketujuh

Mars mempunyai diameter sampai separuh bumi, yakni sebesar 4212 mil, serta memliki 1/10 dari masa bumi. Pada permukaan, planet ini memiliki gravitasi hingga 1/3 dari gravitasi bumi. Mars memiliki kepadatan 30 % lebih kecil dibandingkan bumi. Adapun inti planet ini diperkirakan serupa dengan bumi, di mana sebagian besar mengandung zat besi, dan sebagian kecilnya mengandung nikel.

3.     Permukaan Planet Mars Paling Mirip Bumi

Planet Mars memiliki permukaan yang paling mirip layaknya bumi daripada planet yang lainnya. Walaupun mirip, namun planet ini tetap tak bisa menjadi tempat yang layak huni bagi makhluk hidup. Adapun kisaran suhu di planet ini yaitu antara(-225) – (+60) derajat Fahrenheit.

4.     Mars Mempunyai 2 Satelit Kecil

Mars memiliki 2 satelit kecil, yakni satelit Phobos yang melakukan orbit dengan jarak 9.000 km dengan radius sejauh 11 km dan massa sebesar 1.08e16 Kg. Satelit Phobos dijumpai pertama kali oleh astronom dari Amerika, yang bernama Asaph Hall. Sr, di tahun 1877  di Washington, tepatnya di US NavalObservatory. Sementara satelit kedua dari Mars sendiri bernama Deimos dengan jarak sejauh 23.000 km di permukaan planet Mars dengan radius sejauh 6 km dan massa sebesar 1,80e15 kg. Satelit yang satu ini dijumpai pertama kali oleh seorang astronom penemu Phobos.

5.     Mars Sudah dikunjungi Pesawat Ruang Angkasa

Di tahun 2004 ada sepasang pendarat, Opportunity dan Spirit yang berhasil mengirimkan gambar dan data mengenai Planet Mars. Sementara di tahu 2008 sendiri, Phoenix Lander telah mendarat menuju kutub utara di Mars lalu mengirimkan data-data tentang planet berwarna merah ini.

6.     Planet Mars Tergolong Planet Berukuran Kecil

Hal ini dikarenakan planet Mars memiliki ukuran ½ nya dari bumi. Planet ini mempunyai 1/3 dari gravitasi bumi, itu artinya bahwa Anda bisa loncat sebanyak 3 kali menjadi lebih tinggi dibandingkan lompatan di planet bumi.

7.     Planet Mars Mempunyai Cuaca Terganas Dalam Sistem Tata Surya

Planet Mars terdapat badai debu, tornado kecil dan badai angin begitu ganas. Di tahun 2001, peristiwa badai debu begitu besar hingga menutupi semua permukaan planet ini hingga beberapa hari. Hal ini membuat para peneliti kebingungan, apa alasan yang membuat planet dengan atmosfer yang sedikit namun mengalami peristiwa badai seperti ini. Baca juga Fakta Tersembunyi di Balik Planet Venus.

8.     Mulai Melakukan Pencarian Kehidupan Pada Planet Mars

Selama bertahun-tahun dilakukan penelitian pada setiap retakan yang terjadi di permukaan planet, merupakan salah satu bukti adanya keberadaan air dan hal ini sudah ditemukan oleh para peneliti. Misi Phoeniz sendiri ingin menemukan adanya endapan es dengan jumlah besar di bagian bawah permukaan Mars.





No comments: