9 Fakta Paling Menarik yang Dimiliki Planet Jupiter

Updated at : October 06, 2015
Fakta Paling Menarik yang Dimiliki Planet Jupiter - Planet Jupiter merupakan planet terbesar melalui massa dan volume yang ada di tata surya. Seperti kita ketahui, setiap planet dalam sistem tata surya memiliki keunikan tersendiri. Tak hanya sebagai planet terbesar saja, Jupiter juga menyimpan berbagai fakta menarik di antaranya :

Planet Jupiter
Photo credit

1. Jupiter Memiliki Red Spot

Bintik merah atau red sport adalah ciri khas dari planet Jupiter, yang telah ditemukan hingga 200 tahun lamanya. Bahkan masih belum menunjukkan gejala yang mereda. Walaupun red sport ini tampak lebih kecil daripada ukuran Jupiter, namun badai ini justru bisa lebih mudah menelan planet bumi ketika melewatinya.

2. Jupiter Mempunyai Gravitasi Terkuat

Pasalnya Jupiter mempunyai gaya gravitasi paling kuat dibandingkan semua planet pada sistem tata surya, setelah Matahari. Adapun kekuatan rata-rata gaya gravitasi pada permukaan Jupiter ini bisa mencapai 3 kali lebih besar dari gravitasi planet bumi.

3. Dapat dilihat Mata Telanjang

Untuk melihat planet yang satu ini, kita sebenarnya dapat menyaksikannya melalui mata telanjang. Saat melihat langit di malam hari,Jupier termasuk objek yang paling terang sepadan dengan Bulan dan planet Venus, yang juga termasuk benda terang di sistem tata surya. Bahkan Planet Jupiter sendiri lebih terang cahayanya dibandingkan bintang yang paling terang, dengan sebutan Sirius. Melalui teleskop kecil atau sepasang teropong ini, Jupiter akan terlihat berbentuk lingkaran putih yang memiliki 4 satelit alami dengan terang dan besar.

4. Mempunyai Medan Magnet Kuat

Planet Jupiter mempunyai medan magnet paling kuat di antara sistem tata surya. Planet ini begitu menakjubkan, karena memiliki kekuatan hingga 14 kali dari planet bumi. Banyak astronot yang percaya jika medan magnet planet ini diciptakan gerakan yang disebut hydrogen metalik dapat dijumpai pada planet. Adapun medan magnet tadi menangkap partikel yang terionisasi dari kecepatan matahari dan angin. Sebagai akibatnya, partikel dapat menciptakan radiasi di sekitar Jupitersehingga bisa menyebabkan kerusakan besar di pesawat ruang angkasa.

5. Jupiter Mempunyai Cincin

Seperti kita ketahui, planet bercincin sendiri identik dengan planet Saturnus. Namun pada faktanya, semua planet yang dinamakan Jovian (seperti Jupiter) mempunyai cincin. Akan tetapi, cincin kepunyaan planet ini terlihat samar sehingga membuatnya tampak sukar terlihat meskipun memakai teleskop.

6. Jupiter Merupakan Planet Dengan Rotasi Paling Cepat

Waktu 1 hari di planet bumi berlangsung hingga 24 jam, berbeda halnya dengan planet Jupiteryang hanya membutuhkan waktu 10 jam kurang, yakni 9 jam 55 menit ketika berotasi. Kenyataan ini, tentu lebih mengesankan jika dibandingkan ukuran planet yang lebih besar.

7. Jupiter Memiliki Radiasi Sendiri

Benda angkasa dan planet dapat terlihat dari planet bumi sebab mampu memantulkan sinar matahari. Umumnya, sebagian besar dari planet mengandalkan hal tersebut supaya bisa terlihat melalui bumi, tapi hal ini ternyata tak berlaku bagi Jupiter. Jupiter bisa memancarkan energi atau radiasi sendiri. Hal ini dikarenakan Planet Jupitermengalami proses penyusutan dengan seiring prosesnya untuk melepaskan gravitasi.

8. Jupiter Mempunyai Sekitar 60 Bulan Lebih

Sebenarnya tak tahu pastinya berapa jumlah bulan yang dimiliki oleh Jupiter. Tak hanya bulan, ada berbagai asteroid yang juga mengorbit Planet Jupiter karena terperangkap oleh gravitasi yang begitu kuat. Baca juga Planet Pluto, Fakta & Informasi Menarik Lainnya.

9. Jupiter Memiliki Bulan Terbesar Ganymede

Tak hanya sebagai planet terbesar di sistem tata surya saja, Jupiter juga memiliki bulan terbesar yang dinamakan Ganymede. Ganymede juga merupakan bulan terbesar yang ada di sistem tata surya.





No comments: