10 Fakta Tersembunyi di Balik Planet Venus

Updated at : October 05, 2015
10 Fakta Tersembunyi di Balik Planet Venus - Planet venus dikenal sebagai salah satu planet yang paling terang dalam sistem tata surya kita. Venus merupakan planet kedua yang paling dekat dengan Matahari. Venus juga kerap kali dijuluki sebagai “bintang” yang paling terang yang ada di langit. Karena itulah, Venus disebut juga dengan nama Aphrodite atau Dewi Cinta. Sebagai planet paling terang setelah bulan dan matahari, venus menyimpan sejumlah fakta menarik berikut ini :
10 Fakta Tersembunyi di Balik Planet Venus

1.     Tak Akan Ada Kehidupan di Planet Venus

Pada planet ini tak akan ada yang namanya kehidupan, sebab Venus mengandung atmosfer dengan kandungan CO2 (Karbon dioksida) 97%,dan  nitrogen sekitar 3%. Dengan tidak adanya kandungan oksigen, maka tak akan ada makhluk hidup yang bisa hidup di planet ini.

2.     Venus Planet Terdekat Kedua dari Matahari

Planet Venus memiliki jarak dengan matahari sekitar 108.200.000 km atau sebesar 0,72 AU. Adapun orbit dari planet Aphrodite (menurut mitologi Yunani) ini terletak antara orbit bumi dan Merkurius.

3.     Venus disebut Sebagai Bintang Sore

Venus merupakan planet dengan kedudukan lebih rendah dari planet bumi. Selain itu, Venus mampu mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga sesaat sebelum terbitnya matahari maupun sesudah terbenamnya Matahari. Jadi, wajar jika Venus dijuluki sebagai Bintang Sore atau Bintang Fajar menurut budaya kuno.

4.     Planet Kembaran Bumi

Planet Bumi dan planet Venus mempunyai beberapa kemiripan. Venus memiliki ukuran mendekati bumi, yakni 95% dari ukuran bumi. Kedua planet ini juga mempunyai banyak komposisi senyawa kimia yang serupa dan hanya mempunyai beberapa kawah dengan usia relatif muda. Namun perbedaannya adalah Venus tak bisa dijadikan sebagai tempat kehidupan untuk makhluk hidup.

5.     Planet Terpanas

Planet Venus merupakan planet terpanas yang memiliki rata-rata suhu permukaan sekitar 735 K. Dengan begitu, semakin memperkuat alasan bahwa tak mungkin terjadi kehidupan d planet ini.

6.     1 Hari di Venus Lebih Panjang Daripada 1 Tahun

Ungkapan ini berdasarkan fakta bahwa Venus melakukan rotasi hingga 243 hari, berevolusi untuk mengelilingi matahari hingga 225 hari. Tak hanya itu saja, arah rotasi planet ini berlawanan dengan bumi. Hal inilah yang membuat matahari d planet ini terbit di arah barat dan tenggelam di arah timur.

7.     Venus Tak Mempunyai Satelit

Planet Venus pada faktanya tak memiliki satelit, layaknya planet bumi. Beberapa hal yang membedakannya dengan planet bumi adalah kurangnya air, suhu permukaan dan medan magnet yang lemah.

8.     Lokasi di Venus Memiliki Nama Perempuan

Ada berbagai lokasi yang ada diplanet Venus yang dinamakan berdasarkan dari nama perempuan. Adapun nama-nama tersebut yang digunakan, di antaranya IshtarTerra, Atalanta Planitia, LaviniaPlanitia, GuineverePlanitia, LakshmiPlanum dan AphroditeTerra.

9.     Venus Tampak Sangat Tebal

Venus memiliki ukuran yang sangat tebal, sehingga membuatnya berputar secara perlahan. Diperlukan waktu yang lebih lama agar Venus bisa berputar atau berotasi pada porosnya. Venus merupakan planet satu-satunya yang melakukan perputaran searah dengan jarum jam. Berbeda halnya dengan planet-planet lain di tata surya yang berputar berlawanan arah jarum jam. 

10.  Venus Merupakan Planet Misteri

Planet Venus disebut juga sebagai sebuah planet misteri, sebab tak satu pun teleskop yang dapat menembus pada lapisan atmosfer tebal. Planet ini ditutupi oleh awan yang tebal dan mengandung senyawa asam sulfat dan sulfur oksida. Venus hanya bisa diamati melalui pemetaan oleh radar. Baca juga Fakta Menarik Tentang Planet Uranus.






No comments: