Fungsi Anemometer Dan Cara Kerjanya

Updated at : October 31, 2015
Fungsi Anemometer Dan Cara Kerjanya - Meski anemometer jarang didengar, namun anemometer mempunyai kegunaan yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Selama ini tidak banyak masyarakat yang tahu mengenai alat ini. Namun beberapa kalangan tertentu sangat dekat dengan alat ini sehingga terbiasa dengan fungsi dan cara kerjanya. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mampu menggunakan sekaligus memanfaatkan anemometer dengan sangat baik. Sehingga banyak kebaikan dan manfaat yang didapatkan dari alat anemometer ini.

Pengertian anemometer

Orang awam jarang sekali mengenali anemometer. Namun jika Anda pernah berada di laboratorium meteorologi dan geofisika, alat anemometer ini dapat Anda temui. Bahkan dibeberapa pos pantau gunung berapi, alat ini juga dipasang. Biasanya pemasangan anemometer digunakan untuk mendapatkan fungsi anemometer sebagai alat pengukur kecepatan angin. Anemometer adalah alat yang seringkali digunakan untuk mengukur kecepatan angin. Anemometer ini akan menghasilkan sebuah informasi yang nantinya akan berguna untuk memperkirakan cuaca yang terjadi pada hari itu.


Sebagai alat yang dapat digunakan untuk memperkirakan cuaca, anemometer juga dapat digunakan untuk mendeteksi cuaca buruk. Sehingga kedatangan badai dan topan yang merugikan dapat diantisipasi dampak buruknya. Dengan demikian dampak paling buruk dapat diminimalisasi. Selain sebagai pengukur kecepatan angin, anemometer juga digunakan untuk mengukur gas. Pengukuran kecepatan dilakukan anemometer dengan cara mengenali perubahan sifat fluida pada sebuah perangkat anemometer.

Fungsi anemometer

Fungsi anemometer yang paling utama adalah mengukur kecepatan angin. Selain untuk mengukur kecepatan angin, anemometer juga dapat digunakan untuk mengukur gas. Perkembangannya, anemometer dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

Salah satunya adalah mengukur kecepatan angin berdasarkan banyaknya sinar yang dipantulkan cahaya laser dari partikel hawa yang bergerak. Fungsi anemometer ini hanya bisa didapatkan dari alat anemometer terbaru yakni anemometer doppler laser.

Selain anemometer doppler laser, Kegunaan anemometer lainnya juga bisa didapatkan dari anemometer ultrasonik. Melalui anemometer ultrasonik ini dapat diukur kecepatan angin dengan cara mengirimkan gelombang nada pada transduser pada alat anemometer altrasonik. Nantinya transduser ini akan memastikan bagaimana kecepatan angin dapat dipengaruhi.

Dengan fungsi anemometer ini, maka anemometer altrasonik selain untuk mengukur kecepatan angin juga dapat menentukan arah mata angin. Banyak kapal, pesawat hingga tidak sedikit titik-titik pengamatan cuaca dan meteorologi menggunakan anemometer ultrasonik ini.

Selain untuk mengukur kecepatan angin dan juga gas, anemometer juga dapat digunakan untuk mengukur tinggi gelombang laut. Tentunya fungsi ini hanya bisa dijalankan dengan mengikuti fungsi utama yakni mengukur kecepatan angin. Melalui kecepatan angin banyak informasi bisa didapatkan. Salah satunya mengukur tinggi gelombang laut ini. Selain tinggi gelombang laut, anemometer juga dapat digunakan untuk mengukur tekanan udara.

Cara menggunakan anemometer

Untuk mendapatkan fungsi anemometer dengan maksimal, Anda harus menggunakannya anemometer dengan cara yang tepat. Pengukuran anemometer dengan cara yang tepat dapat dilakukan dengan memegang anemometer secara vertikal.

Untuk memastikan anemometer bekerja dengan efektif, Anda dapat meletakkannya pada penyangga sehingga anemometer lebih stabil dalam menjalankan anemometer untuk mengukur kecepatan angin.

Biasanya kecepatan angin akan muncul secara otomatis pada speedometer yang terdapat pada anemometer. Kecepatan angin yang tepat hanya bisa didapatkan dengan penggunaan anemometer yang benar. Karena itu Anda harus memastikan cara penggunaan yang benar untuk mendapatkan fungsi anemometer secara maksimal.

Alat anemometer ini mampu mengukur kecepatan angin dengan tingkat ketelitian cukup tinggi yakni berkisar 0.5 meter setiap detiknya. Dengan tingkat ketelitian ini, anemometer dianggap sebagai alat pengukur kecepatan angin yang sangat efektif.





No comments: