8 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Galaksi Andromeda

Updated at : October 11, 2015
Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dengan galaksi tempat bumi berada, Galaksi Bima Sakti. Jarak antara Galaksi Bima Sakti dan Andromeda sekitar dua setengah juta tahun cahaya. Sebagai Galaksi terdekat dari Bima Sakti, banyak fakta-fakta unik dan informasi menarik yang telah dikumpulkan para ahli astronomi dunia. Berikut beberapa fakta dan informasi menarik tentang Galaksi Andromeda.

 Galaksi Andromeda

1. Andromeda pernah diklasifikasikan sebagai Nebula

Sebelum para ahli astronomi mengetahui ukuran sebenarnya dari alam semesta ini, Galaksi Bima Sakti dianggap sebagai alam semesta dan bagian terluar Bima Sakti dianggap sebagai batas alam semseta. Pada awal abad 20 Galaksi Andromeda hanya terlihat sebagai sekumpulan bintang dan debu luar angkasa yang membentuk awan. Karena inilah Galaksi Andromeda awalnya diklasifikasikan sebagai nebula.

2. Nama ‘Andromeda’ berasal dari tempat pertama kali galaksi ini terlihat

Nama Andromeda diambil dari nama gugus bintang di mana galaksi ini pertama kali terlihat oleh ahli astronomi. Galaksi Andromeda pertama kali terlihat di antara gugusan Andromeda, gugus bintang yang dinamai mengikuti Putri Andromeda yang disebut di legenda Yunani.

3. Galaksi Andromeda terdiri dari satu riliun bintang

Galaksi Andromeda memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari pada Galaksi Bima Sakti. Menurut perhitungan, ada sekitar satu triliun bintang yang membentuk galaksi dibandingkan dengan Galaksi Bima Sakti yang hanya terbentuk dari sekitar dua ratus hingga empat ratus miliar bintang.

4. Galaksi Andromeda dan Bima Sakti bergerak saling mendekat

Menurut penelitian para ahli astronomi dunia, Galaksi Andromeda dan Bima Sakti bergerak mendekati satu sama lain. Penelitian ini lebih lanjut mengatakan bahwa dalam waktu tiga hingga empat miliar tahun yang akan datang, Galaksi Andromeda dan Bima Sakti akan bertabrakan dan membentuk sebuah galaksi raksasa berbentuk elips.

5. Galaksi Andromeda menyimpan sejarah kelam

Jika diamati dengan teleskop, Andromeda akan tampak dikelilingi oleh gugusan bintang raksasa yang tampak seperti awan yang berbentuk seperti cincin raksasa. Cincin raksasa yang mengelilingi Andromeda ini sebenarnya adalah sisa dari sebuah galaksi lain yang terletak di dekat Andromeda. Jutaan tahun yang lalu galaksi ini bertabrakan dengan Andromeda dan reruntuhannya tertarik masuk ke dalam Galaksi Andromeda dan membentuk Andromeda yang kita lihat saat ini.

6. Ada banyak lubang hitam di Andromeda

Pada pusat Galaksi Andromeda terdapat sedikitnya dua puluh lima calon lubang hitam dan Chandra X-ray Observatory telah menemukan indikasi bahwa ada banyak lubang hitam lain di pusat galaksi Andromeda. Seperti lubang hitam super yang terdapat di pusat galaksi kita, sebuah lubang hitam super juga terdapat di pusat Andromeda dengan dua buah lubang hitam super lain yang juga mengorbit secara berpasangan.

7. Andromeda memiliki banyak galaksi satelit

Galaksi Andromeda memiliki banyak galaksi satelit, termasuk empat belas galaksi-galaksi kecil yang sering kali diganggu oleh Andromeda. Gugusan-gugusan binatng yang menyusun galaksi-galaksi kecil ini sering kali dipisahkan dari intinya dan kemuan diserap oleh Andromeda.

8. Galaksi Andromeda tergabung dalam kumpulan galaksi yang disebut the Local Group

Galaksi Andromeda tergabung dalam kumpulan galaksi yang disebut the local Group. Kumpulan galaksi ini terbentuk dari lebih dari lima pulh galaksi termasuk galaksi Bima Sakti. Banyak di antara galaksi ini merupakan galaksi-galaksi kecil yang hanya terdiri dari beberapa miliar bintang saja. Jarak ujung ke ujung kumpulan galaksi Local Group ini sekirat tiga juta tahun cahaya dan terdiri dari dua spiral besar.





No comments: