Manfaat dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Updated at : October 15, 2015
Tahukah Anda apa saja manfaat dan jenis-jenis jaringan komputer yang harus diketahui? Kita tentunya sering mendengar mengenai jaringan komputer. Jaringan komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan satu hingga beberapa komputer. Sehingga apabila ingin mengambil data berupa aplikasi, gambar, data dan perangkat keras lainnya akan dengan mudah dilakukan. 

Biasanya yang menggunakan jaringan komputer ini adalah perkantoran seperti bank, instansi pemerintah dan juga masih banyak lainnya. Anda tentunya ingin mengetahui mengenai manfaat dan jenis-jenis jaringan komputer yang digunakan untuk kebutuhan kita. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai informasi tersebut agar Anda menjadi lebih jelas dan nyata.

Adapun manfaat jaringan komputer yang harus diketahui yaitu


1. Dengan menggunakan jaringan komputer akan dengan mudah pada pengguna mengakses data dan berbagai informasi lainnya. Adapun jaringan komputer yang saat ini sedang menjadi salah satu sumber informasi yang sangat cepat antara lain yaitu jaringan internet. Jika Anda membutuhkan informasi apapun bisa menggunakan jaringan komputer berupa internet ini.

2. Apabila suatu kantor atau pun lembaga pemerintah dan juga negara menggunakan jaringan komputer akan memudahkan dalam proses pengiriman data. Dengan cepat, efisien  dan mudah yang akan didapatkan dalam proses pengiriman tersebut.

3. Memudahkan dalam berhubungan dengan orang lain walaupun berada ditempat yang jauh misalnya saja beda negara, pulau dan kota. Anda bisa menggunakan jaringan komputer dengan beberapa aplikasi yang memudahkan dala berkomunikasi dengan orang lain. Beberapa jenis aplikasi yang dapat digunakan misalnya saja gambar, audio dan masih banyak lainnya.

4. Kita pun akan dengan mudah mengakses berita dan informasi apapun yang diinginkan. Dengan begitu sangat bermanfaat tak hanya bagi kalangan umum namun juga pelajar.

5. Apabila dalam satu kantor hanya ada satu printer saja maka dengan mudah pemindahan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Hal ini karena jaringan komputer akan lancar digunakan dengan bantuannya.

Setelah Anda mengetahui mengenai manfaat jaringan komputer yang harus diketahui. Maka sebaiknya mulailah dengan pengetahuan mengenai jenis-jenis jaringan komputer yang ada. Dengan mengetahui mengenai jaringan komputer yang ada akan lebih mudah dalam mengetahui mengenai jenis jaringan yang dapat dipilh. Semakin jauh dan besarnya jarak maka tentunya akan semakin besar kapasitas jaringan internet yang ada. Beberapa jaringan komputer berdasarkan geografisnya yang harus diketahui sebagai sumber informasi yang benar yaitu

1. LAN

LAN sering disebut dengan local area network. Hal ini berarti jaringan komputer yang berupa jaringan internet tidak sampai satu kilo meter. Salah satu penggunaannya adalah pada jaringan wifi yang sering digunakan di rumah.

2. MAN

MAN berarti metropolitan area network atau yang biasanya disebut dengan jaringan yang jangkauannya kurang lebih sepuluh hingga lima puluh kilo meter. Bisa dikatakan bahwa jaringan MAN adalah gabungan beberapa LAN. MAN ini terdiri dari satu hingga dua kabel yang memiliki manfaat sebagai rancangan yang lebih sederhana.

3. WAN

WAN memiliki kepanjangan dari wide area network yang lebih besar kapasitasnya dari LAN dan MAN. Hal ini karena biasanya WAN ini digunakan untuk berkomunikasi antar benua misalnya saja dengan berbeda negara. Dengan cara demikian maka komunikasi tak akan bisa diputuskan hanya dengan jarak dan waktu. Selama jaringan komputer masih ada maka masih bisa berkomunikasi walaupun berada ditempat yang jauh dan dalam waktu yang berbeda. [wikipedia]






No comments: