Manfaat Komputer dan Pengunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Updated at : October 24, 2015
Manfaat Komputer dan Pengunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari - Komputer merupakaan sekumpulan perangkat pengolah data yang diatur oleh rumus khusus. Awalnya, kata komputer merujuk pada seseorang yang mengoperasikan rumus aritmatika dengan atau tidak menggunakan alat bantu. Seiring perkembangan zaman, makna komputer bergeser pada mesinnya sendiri. Walaupun begitu, manfaat komputer masih bisa kita rasakan hingga sekarang, bahkan berkembang menjadi lebih baik dari masa ke masa.

Sayangnya, masih ada beberapa orang yang belum mengetahui manfaat komputer secara mendalam. Seperti generasi yang lahir saat komputer belum banyak digunakan atau kalangan yang memang tidak bekerja memakai perangkat tersebut. Di bawah ini, ada lima kegunaan komputer yang dapat Anda simak.

Manfaat Komputer dan Pengunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Memperingan pekerjaan
Dalam lingkup dunia kerja, seperti perkantoran, komputer menjadi perangkat vital yang digunakan oleh hampir semua tingkatan, mulai dari resepsionis hingga direktur utama. Perangkat tersebut dinilai sanggup mengolah data, mempercepat pekerjaan karyawan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan klien penting. Komputer di perusahaan besar bisanya didampingi perangkat pembantu penting seperti printer dan faksimile. Jenis komputer yang digunakan pun beragam, mulai dari PC (Personal Computer) dengan monitor biasa atau layar datar hingga komputer jinjing (laptop) bagi karyawan mereka.

2. Sarana komunikasi
Manfaat komputer sebagai alat komunikasi baru berkembang sekitar sepuluh tahun terakhir untuk menggantikan fungsi dari telepon rumah. Dengan komputer, Anda dapat mengakses internet—sebagai fasilitator yang bisa menghubungkan Anda dengan kerabat atau teman dekat melalui beberapa media. Misalnya, Anda dapat berkirim kabar lewat surat elektronik (surel) atau e-mail, mengobrol dengan teman melalui pesan instan (chatting), bertegur sapa melalui video call dengan Skype, mengunggah foto-foto terbaru serta berkomentar pada jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Dengan begitu, komunikasi Anda kini tidak dibatasi ruang dan waktu.

3. Multimedia Hiburan
Salah satu manfaat komputer lainnya adalah mempermudah Anda dalam mencari hiburan tanpa keluar rumah. Komputer menyediakan banyak multimedia hiburan seperti music player untuk mendengarkan lagu-lagu favorit Anda dan video player bagi Anda yang ingin menikmati film-film dari koleksi DVD. Anda juga dapat memainkan games bawaan atau yang perlu dinstalasi terlebih dahulu. Dengan koneksi internet, Anda juga dapat berselancar di dunia maya dan mengakses berbagai hiburan tambahan bagi komputer Anda.

4. Fasilitas pendidikan
Sebagian besar sekolah memasukan mata pelajaran komputer untuk dipelajari para siswa. Selain menambah wawasan akan teknologi, siswa juga tidak akan gaptek (gagap teknologi) saat terjun di dunia kerja nanti. Beberapa software pengolah data seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point kerap dijadikan bahan dasar dalam mengajar. Di tingkat yang lebih lanjut, guru akan mengenalkan murid pada Internet, pembuatan video atau film sederhana, dan merancang sebuah desain dengan Adobe Photoshop atau Corel Draw.

5. Alat membuka usaha
Manfaat komputer juga dirasakan bagi para wirausahawan. Meski telah meredup, usaha warnet (warung internet) pernah menjadi bisnis dengan keuntungan menggiurkan. Bermodalkan beberapa  PC dan koneksi internet mumpuni, Anda dapat meraup penghasilan di atas rata-rata. Selain warnet, usaha lain seperti warung game online, rental komputer, percetakan, dan sebagainya pun sangat tergantung pada komputer. Maka, tak heran jika sampai sekarang komputer masih dipakai dalam bisnis-bisnis mandiri.

Itulah lima manfaat komputer yang dapat Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi Anda.[]





No comments: