Pengertian Browsing dan Browser

Updated at : October 27, 2015
Pengertian browsing - Di era modern seperti sekarang ini sepertinya internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua aktivitas yang kita lakukan berhubungan dengan internet, entah itu dalam urusan pekerjaan, akademik dan lain sebagainya. Dari internet kita juga dapat memperoleh segala informasi yang kita butuhkan. Meskipun internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita, namun tidak jarang masyarakat yang belum benar-benar mengetahui tentang berbagai istilah dalam dunia internet, seperti chatting, browsing, blogging dan masih banyak lagi. Lalu apa pengertian browsing ? Berikut ini kami akan menyajikan informasi mengenai hal tersebut.

Pengertian Browsing dan Browser

Browsing adalah menjelajahi duni maya atau internet yang bertujuan untuk mencari sebuah informasi yang bermanfaat. Browsing seringkali kita lakukan ketika mencari sebuah informasi di internet, membaca berita online, mencari istilah dan lain sebagainya. Browsing juga disebut dengan surfing. Namun istilah surfing belum begitu populer di kalangan masyarakat. Menjelajahi dunia internet bisa dilakukan melalui sebuah program yang disebut browser.

Pengertian Browsing dan Browser
Setelah kita mengetahui pengertian browsing , ternyata kita juga tidak lepas dari web browser. Lalu apa pengertian dari web browser? Web browser adalah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mencari informasi di internet. Melalui web browser kita bisa mendapatkan data atau dokumen yang disediakan oleh web server.

Manfaat Browsing

Jika sudah mengetahui pengertian browsing , ada baiknya jika kita juga mengetahui manfaat dari browsing. Browsing identik dengan mencari informasi yang bermanfaat di internet dan mempunyai tujuan yang jelas. Tanpa kita sadari kegiatan yang sering kita lakukan ini juga dapat memberikan manfaat bagi kita. Manfaat browsing antara lain adalah:

  • Menambah ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.
  • Menambah wawasan.
  • Belajar online dengan browsing.
  • Dengan browsing, kita bisa mendapatkan file atau dokumen yang kita butuhkan.
  • Meningkatkan budaya membaca.

Browsing dan Browser

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada pengertian browsing , browsing atau menjelajahi dunia maya bisa dilakukan melalui web browser. Ada banyak sekali macam web browser yang ada. Diantaranya merupakan browser yang banyak digunakan dan sangat populer di kalangan masyarakat. Berikut ini beberapa web browser yang paling sering digunakan:

1. Mozila Firefox
Firefox adalah sebuah web browser yang paling sering digunakan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Firefox sehingga menjadikan web browser yang satu ini sebagai web browser favorit. Kelebihan Firefox diantaranya adalah dapat memblokir pop up, banyak fitur tambahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan user, kustominasi font dan warna tampilan dan lain sebagainya.

2. Opera Browser
Meskipun sempat tidak dikenal secara luas, namun Opera memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Opera browser merupakan web browser yang tersedia dalam berbagai macam platform seperti Windows, Linux, Mac, Solaris dan FreeBSD. Seperti web browser yang lainnya, Opera browser juga memiliki kelebihan tersendiri. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Opera browser, diantaranya adalah menjelajah bisa lebih cepat, dilengkapi fitur yang canggih, security, navigasi yang mudah dan lain sebagainya.

3. Google Chrome
Google Chrome merupakan web browser yang masih terbilang baru. Google Chrome adalah web browser yang dibuat oleh Google. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Google Chrome, diantaranya adalah desain dengan kecanggihan teknologi, terdapat alternatif pencarian pada kotak alamat yang juga berfungsi sebagai search engine, safe browsing dan lain sebagainya.

Itulah informasi mengenai pengertian browsing, manfaat dan contoh browser.





No comments: