Pengertian Firewall, Cara Kerja & Fungsi

Updated at : October 11, 2015

Pengertian Firewall

Firewall merupakan istilah yang lazim ditemui dan didengar dalam pembicaraan ataupun artikel yang terkait dengan jaringan komputer. Istilah tersebut memang merupakan nama dari sebuah sistem keamanan pada jaringan komputer yang mampu melakukan proses monitor dan juga kontrol dari lalu lintas jaringan komputer baik itu data yang masuk ataupun keluar jaringan. 
Pengertian, Cara Kerja & Fungsi Firewall

Keamanan jaringan merupakan salah satu hal terpenting dalam pengelolaan jaringan komputer, hal ini disebabkan karena selalu ada resiko kerusakan dan pencurian data di dalam jaringan akibat infeksi virus komputer ataupun tindakan peretas yang tidak bertanggung jawab. 


fakta penting mengenai firewall


1. Dalam lingkup pembicaraan komputasi;  firewall merupakan sistem keamanan jaringan yang digunakan untuk mengontrol dan memonitor lalu lintas data yang keluar dan masuk ke dalam sebuah jaringan berdasarkan sebuah pengaturan keamanan tertentu. Sistem keamanan ini akan bekerja sebagai dinding yang memisahkan antara lingkungan jaringan internal yang dianggap aman dan terpercaya dengan lingkungan jaringan luar. Internet merupakan jaringan luar yang diasumsikan sebagai lingkungan jaringan yang tidak aman dan tidak terpercaya.

2. Firewall dapat difungsikan untuk menjaga keamanan sebuah komputer tunggal ataupun jaringan komputer yang terhubung dengan internet guna melindungi komputer atau jaringan komputer dari infeksi virus ataupun kegiatan meretas data yang dilakukan oleh pihak luar melalui jaringan internet yang terhubung.

3. Dalam prakteknya ada 2 jenis umum dari sistem firewall yang lazim digunakan untuk perlindungan jaringan dan komputer dari resiko-resiko yang datang dari jaringan luar atau internet.

  • Firewall jaringan merupakan perangkat lunak yang dijalankan pada perangkat keras biasa ataupun perangkat keras yang memang dibuat khusus untuk untuk menjalankan fungsi firewall; perangkat ini bertugas melakukan penyaringan pada lalu lintas paket data yang bergerak antara dua atau lebih jaringan.
  • Sedangkan firewall personal atau host based firewall merupakan sistem keamanan yang bekerja pada sebuah komputer dan berfungsi untuk melakukan penyaringan lalu lintas paket data yang keluar dan masuk ke komputer tersebut. Sistem keamanan ini terkadang juga ditempatkan pada perangkat router untuk menjalankan fungsi keamanan yang sama dengan cara menyaring paket data yang keluar dan masuk.

Cara kerja Firewall

1. Sistem firewall bekerja dengan cara menganalisis paket data yang keluar dan masuk ke dalam lingkungan aman yang dilindungi oleh sistem firewall tersebut. Paket data yang tidak lolos analisis akan ditolak untuk masuk ataupun keluar jaringan atau komputer yang dilindungi.

2. Penyaring atau filter firewall  akan bekerja melakukan pemeriksaan sumber dari paket data yang masuk dengan kebijakan yang dibuat untuk mengontrol paket dari mana saja yang boleh masuk. Sistem juga dapat melakukan pemblokiran pada jenis jaringan tertentu serta melakukan pencatatan pada lalu lintas paket data yang mencurigakan.



fungsi firewall 


1. melindungi jaringan ataupun komputer dimana sistem firewall terpasang dari masuk dan keluarnya paket data yang tidak diinginkan atau membahayakan keamanan. Firewall akan melakukan inspeksi atau penyaringan paket data berdasarkan kebijakan yang dibuat oleh pihak administrator.

2. Ada beberapa bagian yang akan diperiksa dan menjadi pertimbangan lolos tidaknya sebuah paket data seperti alamat IP dari paket data yang datang, port sumber asal dari paket data, alamat IP yang menjadi tujuan paket data, port yang menjadi tujuan paket dara, IP protokol serta informasi yang diperoleh dari sebuah header paket data.

3. Berdasar apa yang dilakukan dan bagaimana firewall bekerja maka dapat disimpulkan bahwa fungsi utama sistem ini adalah melakukan kontrol dan pengaturan dari lalu litas paket data yang keluar atau masuk jaringan yang dilindungi oleh sistem firewall.





No comments: