Pengertian CPU, Komponen dan Cara Kerjanya

Updated at : October 26, 2015
Pengertian CPU, Komponen dan Cara Kerjanya - CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari sistem komputer yang merupakan alat dari pengolah pusat. CPU juga sering disebut dengan istilah prosesor. Meskipun sering dijumpai dalam setiap aktivitas kita sehari-hari, namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara kerjanya dan bagaimana pentingnya CPU dalam sebuah komputer. Untuk menjawab hal tersebut, informasi yang disajikan berikut ini akan membahas tentang Pengertian CPU, komponen CPU dan cara kerja CPU.

Pengertian CPU

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya, berikut ini kami akan menyajikan informasi yang lebih rinci lagi mengenai Pengertian CPU. CPU adalah perangkat keras komputer yang bertugas untuk melaksanakan perintah dari perangkat lunak komputer. CPU adalah komponen utama dari sebuah komputer yang berperan sebagai otak dari sistem komputer. Bisa dikatakan hampir semua operasi komputer dilaksanakan oleh CPU.

Pengertian CPU, Komponen dan Cara Kerjanya

Komponen CPU

Setelah mengetahui Pengertian CPU , selanjutnya kita akan membahas mengenai komponen CPU. Berikut ini beberapa komponen yang ada di dalam CPU, yaitu:

1. Unit control
Unit control ialah komponen yang mengatur jalannya program. Unit control merupakan komponen penting yang ada dalam CPU. Unit kontrol bertugas untuk mensinkronisasikan antar komponen dalam CPU, sehingga CPU dapat menjalankan fungsi operasinya dengan baik. Selain itu unit control juga bertanggungjawab untuk mengambil intruksi-intruksi dari memori utama serta menentukan jenis dari intruksi tersebut. Secara umum unit kontrol bertugas untuk mengendalikan atau mengatur input dan output, mengambil data dari memori utama dan menyimpannya di dalam memori utama.

2. Register
Register adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan intruksi atau data yang sedang diproses. Penyimpanan ini hanya bersifat sementara karena biasanya register hanya digunakan untuk menyimpan data ketika diolah.

3. ALU
ALU adalah komponen yang digunakan untuk melakukan operasi aritmetika atau operasi logika. ALU sering disebut juga dengan mesin bahasa. Selain itu ALU juga bertugas untuk melakukan keputusan sesuai dengan intruksi program yang berhubungan dengan operasi logika.

4. CPU Interconnections
CPU Interconnections adalah komponen yang menghubungkan berbagai komponen internal CPU seperti ALU, unit control dan register dengan bus eksternal CPU dan juga berfungsi untuk menghubungkan dengan sistem lainnya.

Cara Kerja CPU

Setelah mengetahui tentang Pengertian CPU dan komponen-komponennya, selanjutnya adalah membahas tentang cara kerja CPU. Meskipun disebut sebagai “otak” computer, namun CPU tidak benar-benar bekerja seperti manusia. CPU hanya bekerja untuk memindahkan data yang telah ditentukan oleh program.

Pada dasarnya CPU bekerja dengan 3 fungsi dasar, yaitu menerima input (masukan), memproses data dan menyediakan output (keluaran). Input yaitu proses memasukkan data eksternal ke dalam komputer. Yang termasuk perangkat input pada komputer adalah mouse, keyboard, modem dan scanner. Setelah itu data input tersebut selanjutnya akan diolah menjadi output oleh CPU. Output ialah hasil dari pengolahan data yang dilakukan oleh sistem komputer.

Output tersebut dapat disimpan secara permanen maupun sementara. Disinilah peran memori.  Jika intruksi yang diberikan berbentuk logika dan aritmatika, maka ALU akan mengambil alih operasi dan kemudian mengolahnya. Jika intruksi telah selesai dikerjakan, maka control unit akan mengambil hasil dari pengolahan yang sebelumnya telah ditampung atau disimpan secara sementara untuk ditampung lagi ke Output-Storage.

Setelah ditampung di Output-Storage, maka selanjutnya hasil dari pengolahan sistem tersebut akan ditampilkan di Output-Device, melalui perangkat yang terpasang pada komputer seperti monitor, printer atau program komputer yang menjalankannya.

Itulah informasi mengenai Pengertian CPU, komponen yang ada di dalamnya, serta cara kerja CPU semoga bermanfaat bagi pembaca semua.






1 comment:

Hanna Rosita said...

Artikel ini singkat, jelas, padat. saya mahasiswa Universitas Gunadarma terbantu oleh artikel ini. terima kasih.