Pengertian dan macam macam Galaksi

Updated at : October 10, 2015
Pengertian dan macam macam Galaksi cukup menarik untuk dibahas, terutama bagi Anda yang menyukai berbagai hal yang menyangkut kehidupan luar angkasa. Luasnya langit dan berbagai benda yang beredar di sekitarnya terkandang membuat kita penasaran dan ingin mencari tahu apa pengertian dari galaksi dan ada berapa macam galaksi di dunia ini. untuk Anda yang tertarik untuk mengetahuinya, luangkanlah sejenak waktu Anda untuk membaca uraian singkat seputar galaksi yang ada di jagad raya yang maha luas ini.
Pengertian dan macam macam Galaksi
Credit

Pengertian dan macam-macam galaksi di alam semesta dan penjelasannya


Galaksi merupakan kumpulan dari bintang-bintang yang sebuah sistem yang terdiri dari satu atau lebih benda luar angkasa yang ukurannya besar dan dikelilingi dengan benda-benda angkasa yang lain sebagai anggotanya dan bergerak mengelilinginya dengan teratur. Galaksi di jagad raya ini jumlahnya cukup banyak, dan salah satu galaksi yang palir populer adalah galaksi Milky Way (galaksi bima sakti) yang juga merupakan bumi tempat kita berpijak saat ini.

Secara garis besar galaksi dibagi menjadi 4 bentuk galaksi, yaitu :

1. Galaksi berbentuk spiral
Bentuk galaksi ini seperti kincir atau roda yang memiliki lengan-lengan yang berbentuk spiral yang keluar dan seolah berkejar-kearan dari inti galaksi yang terang. Galaksi berbentuk spiral merupakan bentuk yang terbanyak di luar angkasa, diperkirakan sekitar 60% galaksi berbentuk spiral.

2. Galakasi Berpalang
Bentuk galaksi yagn satu ini seolah memiliki lengan-lengan yang bagian ujunya berbentuk memanjang, dan bila diamati maka akan bentuk dari galaksi spiral berpalang ini seperti membentuk huruf S, dan diperkirakan jumlah galaksi berpalang ini sekitar 18%.

3. Galaksi berbentuk Elips
Bentuk galaksi ini bulat dan agak lonjong seperti elips, jumlahnya sekitar 18% dari seluruh jumlah galaksi yang ada.

4. Galaksi yang bentuknya tidak beraturan
Bentuk galaksi tidak beraturan memiliki bentuk yang tidak membentuk suatu pola tertentu, jumlah galaksi tidak beraturan sekitar 4% dari seluruh galaksi yang ada di dunia.

10 Macam Galaksi yang Terdapat di Dunia


Setelah mengetahui pengertian dan bentuk-bentuk galaksi, maka selanjutnya adalah mengetahui 10 macam galaksi yang terdapat di dunia, meskipun kemungkinan masih banyak lagi macam-macam galaksi yang ada di jagat raya ini. berikut ini 10 macam galaksi yang terdapat di dunia, yaitu :

1. Galaksi Magellan
Berjarak sekitar 150 ribu tahun cahaya dari galaksi bima sakti, dan merupakan galaksi terdepat dengan bumi,

2. Galaksi Andromeda
Berjarak sekitara 2 uta tahun cahaya dari galaksi Milky Way (bima sakti), memiliki bentuk seperti lensa atau lilin, termasuk sebagai salah satu galaksi yang berbentuk spiral, pusatnya sangat terang, dikelilingi oleh banyak bintang yang berwarna pink atau merah jambu.

3. Galaksi Dolar Perak (Silver coin)
Berjarak sekitara 13 juta tahuan cahaya dari galaksi Bima Sakti dan berbentuk pipih.

4. Galaksi Roda bitu (Blue Pin Wheel)
Berjarak sekitar 2 tahun cahaya dari bumi, bentuknya seperti spiral kecil.

5. Galaksi Pusaran Air
Jaraknya sekitar 14 juta tahun cahaya dari galaksi bima sakti, pada bagian inti galaksi terdapat bintang yang sangat terang dan bentuknya tidak beraturan.

6. Galaksi Ursa Mayor
Berjarak sekitara 10 juta tahun cahaya dari bumi dengan bentuk elips dan sangat rapat.

7. Galaksi Sombrero
Berjarak sekitar 28 juta tahun cahaya dari galaksi Milky Way (bima sakti), berbentuk spira, dan lingakran luarnya tampak besar seperti layaknya topi sombrero khas negara Mexico. Berlokasi di susunan bintang virgo.

8. Galaksi Supernova
Berbentuk seperti cincin dengan lusinan benda angkasa terang, dimana terdapat pecahan bintang yang sangat terang dan diperkirakan berusia 400 tahun.

9. Galaksi The Whir Pool Galaxy
Berjarak sekitara 234 juta tahun cahaya dari galaksi bima sakti, bentuknya spiral, dan dapat dilihat dengan menggunakan teropong biasa.

10. Galaksi Mata Hitam (Black Eye)
Berjarak sekitar 17 juta tahun cahaya dari galaksi Milky Way (bima sakti), mempunyai cincin kabut yang agak gelap, akan tetapi memiliki inti yang terang dan berbentuk spiral.

Semoga uraian singkat diatas dapat menambah pengetahuan Anda seputar pengertian dan macam macam Galaksi.