Pengertian Domain dan Contohnya

Updated at : October 16, 2015
Pengertian Domain dan Contohnya - Apakah Anda mengetahui apa itu domain dan ingin mengetahui pengertian domain dan contoh domain? Domain adalah salah satu komponen yang ada dalam dunia teknologi. Pengertian domain sendiri adalah nama unik dan juga khusus yang digunakan untuk memberi nama pada sebuah server komputer atau web server atau bahkan email server yang terdapat dalam jaringan komputer dan jaringan internet yang Anda akses. Dengan menggunakan domain, Anda akan lebih mudah untuk mengakses internet yang menuju ke server. Sehingga Anda tidak perlu susah payah masuk dengan menggunakan angka-angka. Pengertian domain ini banyak menurut para ahli dalam mendefinisikannya. Selain itu domain memiliki contoh yang banyak jumlahnya yang bisa Anda ketahui
Pengertian Domain dan Contohnya
Photo credit
Setelah Anda mengetahui apa itu pengertian domain, Anda juga bisa mengetahui apa saja contoh domain :

1.     .com

Salah satu dari contoh domain yang bisa Anda ketahui adalah domain .com. Domain ini tentunya sudah sangat familiar dan bahkan Anda gunakan sehari-hari. Dengan menggunakan .com ini Anda bisa mengakses berbagai website untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Biasanya yang menggunakan domain ini untuk menunjukkan kepentingan yang berhubungan dengan suatu perusahaan.

2.     .org

Contoh domain selanjutnya yang bisa Anda ketahui adalah .org. Contoh domain ini juga tentunya  sudah biasa untuk Anda akses. Domain .org biasanya adalah web resmi dari organisasi yang memiliki website khusus dan juga tidak sembarang orang memilikinya. Anda bisa menggunakan domain .org untuk mencari informasi yang berhubungan dengan organisasi.

3.     .edu

Contoh domain berikutnya yang bisa Anda ketahui adalah .edu. Contoh domain .edu banyak digunakan orang untuk mengakses informasi dalam jaringan internet dalam bidang pendidikan. Semua yang berhubungan dengan dunia pendidikan bisa membuat website dengan akun .edu. Sehingga akan lebih memudahkan untuk para akademis memperoleh informasi terpercaya yang merupakan bidangnya.

4.     .net

Contoh domain lainnya yang bisa Anda gunakan juga yaitu .net. Tentunya .net juga sudah sering Anda akses dalam membuka website dan ditulis pada alamat web dalam browser yang sedang Anda gunakan. Biasanya .net ini digunakan untuk mengakses segala informasi yang berhubungan dengan infrastruktur. Sehingga akan memudahkan para penggunanya dalam mencari berbagai informasi yang sedang dibutuhkan.

5.     .mil

Contoh domain tentunya banyak sekali, salah satunya adalah .mil. Domain .mil ini banyak digunakan untuk website bagi angkatan militer dan bersenjata. Selain digunakan untuk dunia akademis dan juga kepentingan umum, militer juga mempunyai akun domain yang bisa diakses bagi yang membutuhkannya. Namun akun domain hanya bisa digunakan dalam lingkup militer saja dan bukan bidang yang lain.

6.     .biz

Jenis domain lanjutan yang bisa Anda gunakan juga adalah .biz. Domain .biz ini banyak dimanfaatkan banyak orang untuk mengembangkan dunia bisnis. Domain .biz ini dirancang untuk memudahkan siapa saja yang membutuhkan dan mempunyai bisnis dengan mengembangkan usahanya dalam website. Bagi yang senang dengan dunia bisnis, bisa membuat akun nama yang belakangnya menggunakan domain .biz.

7.     .tv

Domain .tv biasanya digunakan para aktivis yang bergerak di bidang komunikasi. Biasanya akun web yang digunakan menggunakan domain .tv. Alamat web yang menggunakan .tv bisa untuk mengakses berbagai macam informasi. Informasi tersebut antara lain berasal dari televisi, radio, dan juga majalah untuk informasi pada publik. Sehingga semua bisa mengakses informasi dari semua media cetak dan elektronik dengan mudah.

Demikian sekilas informasi mengenai Pengertian Domain dan Contohnya semoga bermanfaat.





1 comment:

Muhammad Ridwan Adi Perdana said...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Pariwisata, menurut saya tempat warisata merupakan tempat yang sangat
menarik juga banyak hal yang bisa dipelajari di tempat wisata.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai dunia pariwisata
yang bisa anda kunjungi di Dunia Pariwisata