Pengertian Download & Informasi Lainnya

Updated at : October 13, 2015
Pengertian Download & Informasi Lainnya - Internet telah menjadi kawan yang akrab dalam kehidupan sehari-hari. Kini hampir semua orang yang menggunakan perangkat komunikasi modern mengakses internet setiap hari. Internet memang memudahkan proses bertukar informasi; informasi yang ada di internet banyak diakses dan didownload untuk digunakan mendukung berbagai keperluan seperti membantu mengerjakan tugas sekolah hingga melakukan riset.

Selain itu ada pula kegiatan mendapatkan hiburan dengan memanfaatkan internet; mulai dari menonton video, mendengarkan musik hingga mengunduh atau melakukan download dari file digital dari video dan musik yang ditemui di internet. Lalu apa itu download?
Pengertian Download & Informasi Lainnya
Berikut ini pengertian download dan informasi lain terkait dengan download atau mengunduh sesuatu dari internet.

1. Pada dasarnya; download merupakan kegiatan mengunduh atau mengambil sebuah file digital dengan memanfaatkan jaringan internet.

2. Secara teknis; download atau pengunduhan adalah penerimaan data pada sistem lokal dari sistem lain yang terkoneksi oleh jaringan aau remote system.

3. Remote system atau sistem lain yang terkoneksi oleh jaringan dapat berupa server web, server FTP, server email ataupun sistem penyimpanan data ( cloud storage ).

4. Definisi atau pengertian download dibedakan dengan streaming meski keduanya menjalani proses serupa berupa mengambil data dari sistem lain melalui jaringan komputer. Satu hal yang membedakan adalah penggunaan data yang diperoleh pada proses streaming adalah langsung digunakan setelah data diterima oleh sistem lokal di saat proses pengiriman tengah berlangsung dan bisa jadi data yang diterima sistem lokal tidak disimpan dalam jangka panjang ( biasanya masuk ke dalam folder penyimpanan sementara ). Sedangkan pada proses download maka data yang diterima oleh sistem lokal baru dapat digunakan setelah lengkap terkirim dan akan disimpan di dalam penyimpanan permanen.

5. Ada beberapa situs yang melarang pengunjung untuk melakukan download, namun pengunjung dapat melakukan streaming. Praktek tersebut dapat ditemui pada situs YouTube dimana pengunjung dapat melakukan streaming video namun tidak ada pilihan untuk melakukan download.

6. Perkembangan teknologi multimedia yang mampu mengkonversi data analog menjadi data digital memudahkan transportasi data seperti gambar, suara dan video melalui internet. Pengguna internet kini dapat dengan mudah melakukan download foto, lagu dan video dalam berbagai format file dengan sangat mudah.

7. Masalah download data atau file di internet dapat menjadi isu hukum jika seseorang mengunduh data atau file yang dilindungi hak cipta.

8. Kecepatan proses download akan dipengaruhi oleh bandwidth atau lebar pita; ukuran bandwith akan mempengaruhi volume atau jumlah data yang dapat dikirim dalam sebuah paket. Lebar pita memiliki satuan bits per detik; semakin besar angka yang dimiliki oleh sebuah pita atau jalur transfer data maka kecepatan download ataupun upload akan semakin tinggi.

9. Selain mengunduh data dari server; download atau pengunduhan data juga dapat dilakukan dengan metode peer to peer atau antar perangkat yang saling terhubung pada suatu jaringan. Konsep peer to peer ini pernah populer di akhir tahun 1990-an ketika Napster dikembangkan dan menjadi solusi berbagi lagu dalam format digital antar pengguna komputer yang terkoneksi dengan internet. Seorang pengguna Napster dapat mengunduh atau melakukan download dari pengguna Napster lain selama keduanya dalam kondisi online atau terkoneksi dengan internet.

10. Upload atau mengunggah merupakan proses kebalikan dari dowload atau mengunduh dimana sebuah file dari sistem lokal akan diunggah atau dikirim ke sistem luar dan disimpan di sana melalui jaringan komputer yang menghubungkan keduanya.

Sekian uraian tentang Pengertian Download & Informasi Lainnya, semoga bermanfaat.





No comments: