Pengertian E-Commerce dan Tipe Sistem Aplikasi E- Commerce

Updated at : October 20, 2015
Pengertian E-Commerce dan Tipe Sistem Aplikasi E- Commerce - Dengan berkembangnya manusia maka cara seseorang untuk mulai melakukan transaksi perdagangan juga mulai berubah. Sebagai model terbaru dari perdagangan adalah menggunakan cara yang lebih praktis dengan e-commerce. Lalu apa sebenarnya e-commerce itu?

Pengertian e-commerce

Electronic Commerce atau dalam bahasa Indonesia adalah perniagaan elektronik adalah sebuah bagian dari bisnis yang dilakukan dengan cara elektronik yang dilakukan oleh pelaku dalam bisnis. Jika ditanya apa pengertian e-commerce secara sederhana adalah semua bentuk transaksi berniaga atau berdagang entah itu barang ataupun jasa yang menggunakan media pengantara yaitu elektronik.

Untuk media elektronik yang digunakan dalam hal ini adalah media internet. Hal ini karena penggunaan media internet adalah pengguna yang paling banyak digunakan dan juga perkembangan yang semakin hari semakin pesat sehingga lebih ada banyak kemungkinan banyak bisnis yang menggunakan e-commerce. 

Penggunaan media internet dipilih dalam bisnis e-commerce karena adanya sifatnya yang praktis dan efektif diantaranya adalah :

  • Internet memiliki jaringan publik yang artinya memiliki harga murah, tapi sangat cepat dan juga mudah dalam mengaksesnya
  • Dengan menggunakan media internet untuk e-commerce sebenarnya memudahkan Anda dalam melakukan proses mengirim dan menerima sebuah informasi. Sehingga ini akan dirasa lebih mudah dan lebih praktis

Dengan keuntungannya tersebut dalam usaha bisnis e-commerce saat melakukan kegiatannya hanya membutuhkan jaringan internet sehingga media internet menjadi pilihan terbaik untuk bisnis ini. Secara umum pengertian e-commerce adalah sebuah aktivitas dalam bisnis yang mengubungkan konsumen, manufaktur,provider dan juga pedagang dengan memanfaatkan jaringan dari media internet

Tipe Aplikasi E-Commerce

Jika diklasifikasikan lebih rinci, e- commerce bisa dibangi menjadi beberapa tipe berdasarkan system aplikasinya. Diantaranya adalah :

Sistem Electronik Market atau EMs
Sistem ini adalah sebuah aplikasi yang memanfaatkan teknologi dari informasi dan komunikasi untuk melakukan kegiatan penawaran dalam pasar tertentu sehingga pembeli dapat dengan mudah membandingkan dengan beberapa jenis harga. Yang artinya adalah Electrinik Market ini adalah sebuah system yang memberikan informasi dari kelompok tertentu yang memberikan fasilitas bagi penjual dan pembeli untuk melakukan pertukaran informasi mengenai harga produk tertentu. 

Keuntungan yang didapatkan oleh pembeli  adalah lebih terasa nyata dan lebih efesien dalam penggunaan waktu. Sedangkan bagi penjual adalah dapat memberikan informasi produk yang dijual dengan lebih mudah, cepat dan dapat menarik banyak pelanggan.

Sistem Electronik Data Interchange atau EDI
Sistem ini adalah sarana untuk membuat lebih efesien dalam hal melakukan perturan data yang dilakukan dengan cara transaksi yang berulang dalam ukuran yang besar antara kelompok komesial.

Secara sederhana, EDI adalah system yang melakukan transfer data dengan cara yang lebih terinci dengan format yang lebih standart atau sederhana yang dilakukan oleh aplikasi system kompyer dengan media lain menggunakan media elektronik. EDI biasanya adalah siistem yang banyak digunakan ileh pembisnis retail yang dilakukan kepada para Supplier.

Yang perlu diketahui juga biasanya EDI memiliki sebuah kode dalam proses transaksinya sehingga kelompok tersebut bisa melakukan komunikasi dengan baik secara langsung tanpa memerlukan adanya faktur dan hardcopy. Selain itu, ini akan lebih memudahkan karena prosesnya akan menghindari adalanya penundaan dan kesalahan yang tak disengaja.

Internet Commerce
Sistem ini adalah bisnis yang menggunakan internet sebagai bagian dalam melakukan informasi dan melakukan komunikasi dalam system perdagangan. Biasanya system ini banyak dilakukan dan digunakan untuk aktivitas komersial seperti layanan iklan untuk menjual produk dan jasa. Transaksi jual beli bisa dilakukan dari jarak jauh dan biasanya akan dikirmkan melalui media jasa pengirim barang setelah melakukan pentrasferan uang.

Untuk jenis ini biasanya Internet yang berperan sebagai media dalam penjualan akan membuat keuntungan yang lebih besar karena internet memiliki harga yang murah dibandingkan dengan menjual barang di toko yang memerlukan biaya yang cukup lebih mahal.

Seperti yang didipaparkan diatas adalah pengertian e-commerce dan beberapa apllikasi pendukung yang biasa digunakan dalam bisnis ini sehingga membantu Anda dalam menjalankan bisnis perdagangan dengan lebih modern.






No comments: