Pengertian Email dan Jenis Email

Updated at : October 21, 2015


Pengertian Email dan Jenis Email - Dengan berkembangnya banyak aplikasi di jejaringan media sosial mengharuskan Anda untuk mulai beradaptasi dengan semuanya. Tapi saat membuka sebuah aplikasi terbaru tentunya Anda harus mendaftar diri terlebih dahulu. Dan yang terlihat dihalaman perdaftaran adalah email. Jika Anda tidak memiliki email maka Anda tidak bisa melanjutkan proses ini. Lalu Sebenarnya apa email? Lalu fungsi dan cara kerjanya untuk apa?

Pengertian Email dan Jenis Email

Pengertian Email Atau Electronic Mail


Pengertian Email merupakan sistem surat dengan electronik yang digunakan untuk menerima dan mengirimkan surat melalui akses dengan internet. Email adalah sebuah aplikasi atau bisa dikatakan perangkat lunak yang memiliki umur yang cukup lama. Biasanya dengan menggunakan email sebuah proses surat menyurat bisa dilakukan dengan sangat cepat tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama seperti saat kita melakukan surat menyurat dengan cara yang manual.

Untuk cara membuat email anda bisa membaca panduan membuat email di gmail berikut ini : Cara Mudah Membuat Email Gratis di Gmail.com.

Selain itu, dengan menggunakan email Anda juga bisa mengirimakan beberapa file atau data yang tak memiliki fisik dengan sangat cepat karena email berada di dalam sebuah perangkat hardware maka bisa memudahkan Anda jika ingin mengirim sebuah file yang cukup penting dalam watu yang cukup singkat. Atau secara sederhana pengertian email adalah format surat dengan cara digital atau dituliskan melalui media komputer atau bisa juga gadget lainnya yang bisa diproses dengan menggunakan media internet. 

Sebenarnya layanan dari email ini sendiri bisa dikelompokkan menjadi dua sistem diantaranya:

  • Email yang memiliki basis klien : basis ini biasanya kegiatan email yang bisanya dilakukan dengan menggunakan beberapa perangkat lunak lain seperti Outlook Express. Biasanya perangkat ini bisa membuat Anda membaca email secara otomatis walaupun sedang tidak tersambung dengan internet.
  • Email yang berbasis web adalah perangkat lunak yang biasa Anda gunakan saat akan membuka web.

Jenis-jenis Email


Selain jenis layanannya email atau system surat dengan electronic ini juga memiliki jenis dan tipe yang dibedakan dari fungisnya diantaranya adalah :

POP mail atau Post Office Protocol
Jenis POP Mail atau Post Office Protocol adalah sebuah system dari Emaul yang mana Anda bisa menerima email dengan melalui Internet service yang disedikan dari Provider yang Anda gunakan. Biasanya beberapa Provider internet memberikan layanan ini.

WebMail
Pengertian Email dan WebMail sebenarnya tak jauh berbeda. WebMail adalah layanan dari email yang dalam proses aksesnya Anda harus membukanya melalui layanan halaman web. Jadi, jika Anda ingin membuka email Anda, memeriksa isi Emai atau ingin mengirim Email pada orang lain, Anda harus masuk dalam situs Web yang menyediakan layanan untuk membuat email. Ini sifatnya agak sedikit wajib karena jika Anda ingin masuk dalam situs ini maka Anda harus mendapatkan id email dengan cara membuat email dari Webmailnya.

Email Forwarding
Ini adalah layanan email yang bisa memiliki peran untuk menerukan isi email yang sudah anda terima ke Email lain yang akan menerima email yang sama. Biasanya email jenis ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan untuk mereka yang suka ganti -  ganti alamat emailnya. Dengan menggunakan Email Forwarding ini akan memudahkan Anda menemukan data di email anda sebelumnya dengan sangat mudah walaupun Anda lupa dengan email Anda sebelumnya.

Yang dijelaskan diatas adalah beberapa ulasan yang membahas mengenai pengertian email, fungsi dan juga jenis dari email yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari Informasi mengenai pengertian email.[]






No comments: