Pengertian Hardware Perangkat Keras Pada Komputer

Updated at : October 20, 2015
Pengertian Hardware Perangkat Keras Pada Komputer - Dalam bahasa Indonesia Pengertian Hardware adalah perangkat keras. Sedangkan perangkat keras sendiri memiliki pengertian sebagai komponen yang sifatnya bisa dilihat, bisa diraba dan bisa dirasakan secara langsung atau memiliki bentuk fisik yang nyata dan memiliki fungsi yang cukup baik. Biasanya hardware sendiri bisa bekerja jika ada perintah yang diberikan sehingga dengan perintah yang diberikan maka hardware baru bisa bekerja.

Nah, jika secara fisik hardware pada komputer khususnya memiliki beberapa komponen. Komponen dalam system inilah yang melakukan kerja sama sehingga bisa melakukan aktivitas. Jika salah satu komponen ini tidak bekerja dengan baik dan bijaksana maka fungsinya tidak akan berjalan dengan baik.  Hardware memiliki beberapa kategori, tapi jika dikategorikan dengan melihat fungsinya maka Hardware dibagi atas beberapa bagian diantaranya adalah :

Input Device
Unit ini memiliki fungsi sebagai media yang bisa memasukkan data dari kedalam memori dari processor yang gunanya untuk mendapatkan informasi. Dan biasanya perangkat pada komputer input alat ini berupa keyboard dan mouse yang akan menghubungkan pengguna dengan komputer. Selain itu biasanya juga ada Joystick yang bisanya digunakan pengguna untuk bermain games.

Scanner juga bisanya dikatakan sebagai input device karena bisa memiliki kegunaan untuk mengambil gambar secara digital. Sedangkan Touch Panel biasanya digunakan untuk sentuhan yang bisanya digunakan dalam sebuah proses untuk membuka sebuah file atau data. Bahkan ada juga Microphone yang bisa gunakan untuk mereka suara masuk kedalam sistem komputer.

Dengan cara ini, data yang masuk dalam system komputer akan membentuk sinyal yang bisa dimasukkan dalam system data. Dengan demikian maka program bisa digunakan bisa digunakan untuk beberapa kegiatan. Jadi intinya adalah input device selain bisa digunakan dalam memasukan data, bisa juga untuk memprogram data. Ini tergantung dari sifat dan peralatannya yang digunakan. Dengan pengertian hardware beberapa peralatan ini bisa sangat difungsikan untuk perangkat komputer.

Process Device
Unit untuk memproses dalam perangkat keras pada komputer bisa terdiri dari beberapa hal mulai dari power supplay yang menyediakan arus listrik untuk perlegkapan. Dengan begitu bisa menggunakan perangkat dengan baik dan perangkat ini bisa bekerja dengan maksimal. Pada perangkat ini juga ada andom access Memory atau banyak yang menyebutnya hanya Memori. Ini adalah perangkat keras yang ada pada komputer dan memiliki fungsi untuk menyimpan data untuk sementara waktu. Sehingga bisa melakukan proses dengan cepat dan kerja menjadi lebih singkat. Kartu video pada komputer juga masuk dalam kategori ini. hal ini karena memiliki peran dalam menciptkan tampilan yang bagis pada layar. Biasanya kartu ini berada pada bagian utam dari CPU di Komputer. 

Prosesor pada komputer juga masuk dalam kategori ini karena ini adalah otaknya dari sebuah komputer, Prosesor sendiri adalah sebuah komponen yang sebenarnya akan sangat berhubungan kecepatan kompuer Anda dalam menjelajah internet.

Output device
Untuk perangkat Output device pada komputer termasuk didalamnya adalah monitor yang merupakan jenis sebuah softcopy dari sebuah perangkat. Printer bisa berfungsi untuk mendapatkan hasil cetakan dari komputer. Spealer juga masuk dalam perangkat keras ini karena memiliki kemampuan dalam mengubah sinyal elektrik menjadi audio.

Backing Storage
Ini adalah unit yang berfungsi untuk menyimpan beberapa data. Beberapa perangkat komputer yang masuk dalam kategori ini adalah harddisk yang akan menyimpan segala jenis data Anda.

Periferal
Beberapa perangkat keras dalam komputer yang masuk dalam kelompok unit peripheral atau tambahan adalah modem untuk menyembungkan internet dan Soundcard untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian hardware dan beberapa kategori dari hardware komputer yang berdasarkan dengan fungsi dan perannya.





No comments: