Pengertian Hosting dan Pemanfaatannya Dalam Berbagai Bidang

Updated at : October 18, 2015
Pengertian Hosting dan Pemanfaatannya Dalam Berbagai Bidang - Setelah sebelumnya kami telah membahas tentang pengertian domain, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hosting. Pengertian hosting mungkin tidak akan terasa asing bagi orang yang sehari-hari bekerja dalam dunia IT, namun bagaimana dengan orang awam yang hanya selalu berperan sebagai konsumen internet? Bahkan ketika anda sendiri sebagai orang awam ditanya tentang pengertian hosting, bisa jadi anda juga akan kebingungan untuk menjawabnya. Oleh karena itu tak ada salahnya jika anda menyimak informasi berikut.

Apa itu hosting

Pengertian hosting sendiri adalah sebuah media virtual yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai file baik dalam bentuk aplikasi, gambar, video, email, maupun database yang diperlukan untuk menguatkan keberadaan sebuah sistem website. Hosting sendiri dapat dibeli atau disewa dengan kapasitas ruang penyimpanan data disesuaikan dengan kebutuhan.

Pengertian Hosting

Kategori hosting

Setelah anda mengetahui pengertian hosting,maka akan lebih baik jika anda juga mengetahui tentang kategori hosting yang sering ada di kalangan masyarakat, diantaranya adalah:

a. Dedicated server
Sesuai dengan pengertiannya, jenis dedicated server adalah satu-satunya jenis hosting dengan kapasitas penyimpanan tertinggi. Dedicated server umumnya dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan besar untuk mengelola aneka macam data yang akan mendukung aktivitas perusahaan tersebut d dunia maya. Webhosting dengan sistem yang satu ini umumnya akan memiliki kepadatan pengunjung tersendiri karena kelengkapan informasi yang diberikan didalamnya.

b. VPS hosting
Virtual private server atau VPS hosting memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan shared hosting yaitu memori penyimpanan yang lebih besar dan pembagian yang jelas untuk kapasitas masing-masing server. Kelebihan lain dari sistem ini adalah ketika ada website lain yang berbagi dalam VPS hosting dan mendapatkan banyak pengunjung dibandingkan website anda, maka website yang anda miliki tidak akan serta merta menjadi lambat atau terganggu kinerjanya.

c. Shared hosting
Jenis hosting yang satu ini dianggap sebagai server berbagi karena tidak hanya satu orang yang akan memanfaatkannya. Ketika seseorang sedang merintis bisnis atau dalam tahap ingin mengumpulkan banyak traffic ke website yang dibuatnya, umumnya shared hosting menjadi pilihan utama karena biaya pemakaiannya yang murah dan ukuran drive penyimpanan yang cukup besar. Meski demikian, ketika ada satu saja pengguna shared hosting selain anda yang mendapatkan traffic luar biasa pada websitenya tak jarang anda harus bersabar karena sistem di website anda bisa mendadak down atau menjadi lebih lambat.

Pemanfaatan hosting

Ketika seorang individu atau sebuah perusahaan bertindak sebagai pengguna hosting dan ingin memanfaatkan media internet untuk mendukung kinerja ataupun kebutuhan, maka pemanfaatan yang dilakukan dapat digolongkan dalam berbagai bidang seperti:

a. Bisnis
Salah satu pemanfaatan hosting adalah untuk mendukung dunia bisnis, dimana umumnya bisnis yang akan dijalankan dengan membeli atau menyewa sebuah webhosting sudah didahului dengan kepemilikan outlet atau toko. Teknik yang dilakukan pun nantinya akan berhubungan dengan pengelolaan yang dilengkapi sistem email, customer service, maupun server khusus untuk melayani transaksi secara tidak langsung.

b. Pendidikan
Anda pastinya pernah menyusuri alamat website yang mengarah pada satu perguruan tinggi negeri ataupun swasta tertentu. Website tersebut adalah salah satu pemanfaatan hosting di bidang pendidikan dimana masyarakat umum maupun civitas langsung dari perguruan tinggi tersebut dapat mengakses segala informasi yang dibutuhkan untuk menunjang studinya.

c. Kesehatan
Pemanfaatan lain hosting adalah untuk mendukung dunia kesehatan dimana webhosting yang diciptakan akan menjadi sarana untuk mendekatkan pasien dengan tenaga medis yang ada di sebuah rumah sakit baik rumah sakit negeri ataupun swasta.

Semoga dengan bahasan pengertian hosting diatas, pengetahuan yang anda miliki semakin bertambah.






No comments: