Pengertian HTML, Sejarah dan Pemanfaatannya

Updated at : October 18, 2015
Pengertian HTML atau singkatan dari hypertext markup language adalah bahaasa khusus yang berkaitan dengan program standar daam sebuah halaman website. HTML umumnya akan menjadi sebuah sarana agar seseorang dapat melakukan browsing atau mencari informasi di internet dan menggunakan link yang ada untuk membuat tautan situs dalam komputer menggunakan local host.

Sejarah HTML

Sejarah HTML dimulai ditahun 1980 dengan konsep yang diusulkan oleh IBM. Bahasa pemrograman HTML dikembangkan di tahun 1986 oleh tim Barnes Lee dengan model awal berupa SGML (standard generalized markup language). HTML sendiri dibuat dalam rangka untuk mempermudah proses pendataan dokumen maupun file standar agar di setiap komputer pengaksesnya, data yang ditampilkan lebih terlihat jelas asal usulnya.

Elemen dalam HTML

Ketika anda berlajar tentang pengertian HTML, pemahaman yang anda dapatkan tidak akan lengkap ketika anda belum memahami komponen atau elemen apa saja yang harus ada dalam sebuah HTML seperti berikut ini:

a. Element
Element adalah komponen utama yang diperlukan untuk menampilkan judul pada sebauh halaman website. Sebagai contoh anda mengetikkan <input type=”text”value=”isian’/>, dimana input type adalah kode awalan, “text” value adalah isian yang tidak wajib diisikan dalam pengetikan judul utama web, sedangkan “isian” yang terakhir adalah kode penutup yang harus ada agar tidak terjadi sistem error saat pemasukan data gambar, audio, atau komponen lainnya.

b. Tag
Komponen kedua terkait HTML adalah tag yang umumnya ditulis dalam dua karakter dan disesuaikan dengan jenis file yang ingin dilampirkan dibelakang.

c. Atribut
Komponen terakhir dalam sebuah HTML disebut atribut dimana elemen yang satu ini berfungsi sebagai keterangan tambahan yang melengkapi kedua elemen lainnya dalam sebuah HTML. Ketika anda menulis atribut pada kata terakhir harus diakhiri dengan tanda kutip agar tidak terjadi error file atau tulisan yang diisikan tidak terbaca.

Pemanfaatan HTML

Ketika anda berbicara tentang pengertian HTML, maka secara tidak langsung anda akan membahas pemanfaatan HTML itu sendiri, yang diantaranya adalah:

a. Menampilkan informasi tabel di website
Adakalanya informasi penting yang ingin diperlihatkan dalam website berbentuk sebuah tabel dan keberadaan HTML juga akan membuat pemasangan tabel menjadi lebih terstruktur dan mudah dipahami para pengakses website yang bersangkutan.

b. Menambahkan obyek lain dalam halaman website
Sebagai pemilik website, keberadaan HTML penting untuk menambahkan file lain kedalam website yang bersangkutan seperti gambar, video, atau file musik. Dengan demikian tampilan informasi yang disajikan didalam website akan menjadi lebih mudah dipahami dan menarik. Pengelolaan HTML yang tepat untuk fungsi satu ini juga akan mendasari traffic yang diiperoleh website.

c. Membangun pondasi website
Sebuah website perlu dilengkapi dengan HTML yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga keberadaan website tersebut akan bertahan lama dan program yang ada didalamnya dapat berguna untuk orang lain. Pondasi sebuah website yang dibangun dengan HTML umumnya juga akan semakin baik ketika dilengkapi dengan sistem javascript, php, dan css.

d. Memberikan tanda khusus pada halaman website
Ketika anda melakukan browsing informasi wisata misalnya, adakalanya anda juga akan disuguhi dengan informasi navigasi maupun header khusus yang ditandai dengan HTML sehingga nantinya orang lain yang mengakses website yang sama dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata yang dimaksud.

Semoga informasi tentang pengertian HTML diatas, akan semakin menambah pengetahuan anda.





No comments: