Pengertian Internet dan Jenis Protokol Yang Sering Digunakan

Updated at : October 14, 2015
Pengertian Internet dan Jenis Protokol Yang Sering Digunakan - Pengertian internet yang sesungguhnya mungkin sudah banyak diketahui terutama oleh orang yang ahli di bidang teknologi informasi, namun bagaimana dengan orang awam yang ikut menggunakan internet? Bisa jadi ada aneka jawaban yang dikeluarkan ketika mendapat pertanyaan apa sebenarnya pengertian internet. Mulai dari jawaban sarana untuk mengakses informasi di dunia maya hingga sarana untuk berkomunikasi dengan orang luar. Jawaban seperti itu memang tidak ada salahnya, namun agar anda dapat lebih mengetahui tentang internet yang sesungguhnya dan jenis protokol apa saja yang digunakan, cobalah menyimak informasi berikut.

Pengertian Internet dan Jenis Protokol Yang Sering Digunakan

Apa itu internet

Internet adalah kependekan dari istilah interconnection networking yang merupakan sebuah jaringan komputer dan pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan AS di tahun 1969 melalui proyek ARPANET. Tujuan awal diciptakannya internet adalah untuk melindungi informasi dalam bidang pertahanan agar pada saat perang, informasi yang tersebar dapat dengan mudah dibersihkan. Hal tersebut sesuai dengan sistem operasional internet yang menghubungkan semua jaringan komputer melalui IP/TCP (transmission control protocol) khusus. Namun seiring dengan perkembangan teknologi di bidang internet, sekarang ini pengertian internet tak hanya terbatas pada penggunaan sistem pc komputer tetapi juga pada telepon genggam dengan jaringan yang lebih disempurnakan.

Jenis protokol internet

Setelah mempelajari internet yang sesungguhnya, ada baiknya anda juga mengetahui jenis protokol internet yang digunakan di seluruh dunia seperti:

a. IMAP
Internet message acces protocol (IMAP) adalah protokol khusus yang berhubungan dengan sistem pesan atau email. Protokol IMAP memungkinkan suatu server memilih, mencari, dan mengambil email dari server lainnya. Protokol IMAP sangat dibutuhkan untuk menunjang berjalannya sebuah sistem ekonomi maupun sistem lainnya yang berbasis internet.

b. FTP
File transfer protocol (FTP) adalah salah satu protokol dalam sistem internet yang berhubungan dengan sistem pengiriman data antar IP address. FTP memungkinkan sebuah server untuk mengunggah maupun mengunduh data yang diakses menggunakan password khusus user.

c. UDP
User data protocol (UDP) adalah salah satu protokol yang menjalankan sistem komunikasi antar IP address tanpa koneksi andal. Hal yang dimaksud disini adalah pihak penerima data dapat menerima data apapun yang dikirimkan oleh pihak lain tanpa adanya buffer atau penyaring pesan sehingga terkadang karena adanya kepadatan akses yang berjalan, akan ada transmisi data yang rusak atau macet dan butuh waktu cukup lama untuk diperbaiki.

d. TCP
Transmission control protocol (TCP) adalah salah satu lapisan protokol yang memungkinkan sambungan data yang dapat dipertanggungjawabkan, dalam artian pertukaran data yang berlangsung melalui sistem protokol ini dilakukan dalam lapisan datagram yang tidak mudah bocor atau bercampur dalam sistem. Ketika ada sebuah kantor yang menggunakan sistem TCP dua jalur, maka sistem TCP akan membatasi pengiriman data dalam satu waktu sehingga tidak menyebabkan kepadatan akses di jalur lainnya. Sistem ini juga memberikan layanan flow control yang mengenali sistem buffer dari pihak penerima data.

e. HTTP
Hypertext transfer protocol (HTTP) adalah salah satu jenis protokol internet yang sering digunakan untuk menghubungkan antara klien dan server. Sistem HTTP memungkinkan seorang pengakses internet tidak perlu membuat koneksi berulang-ulang ketika ingin mendapatkan informasi yang diinginkan. Informasi yang disediakan pun biasanya akan saling terhubung dalam bentuk tautan. Urutan metode yang digunakan untuk akses dimulai dari:

Optionsàgetàheadàpostàputàdeleteàtraceàconnect.

Semoga pengetahuan anda semakin bertambah setelah mengetahui informasi tentang pengertian internet dan jenis protokol diatas.





No comments: