Pengertian Komputer Secara Umum dan Informasi Lainnya

Updated at : October 22, 2015
Pengertian komputer menjadi informasi yang sangat berguna untuk banyak orang. Ternyata, komputer yang mungkin Anda miliki dan gunakan hampir setiap hari mempunyai sejarah yang cukup panjang. Mulai dari penemuan prototype mesin komputer yang berukuran besar, hingga ditemukan komputer jinjing atau laptop, yang akhirnya sekarang diciptakan berbagai jenis gadget canggih yang semakin kecil dan tipis dengan fungsi yang sama. 

Oleh karena itulah, tidak ada salahnya kita semua mengenal lebih dalam tentang komputer yang sangat membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Selanjutnya, tidak menutup kemungkinan kecanggihan komputer semakin tanpa batas hingga diciptakan berbagai teknologi yang berbasis komputer.
Pengertian Komputer Secara Umum
Sementara itu, teknologi komputer sudah mulai diperkenalkan pada anak-anak kecil yang duduk di bangku playgroup ataupun Taman Kanak-kanan (TK). Tentu saja dengan fitur dan konten yang disesuaikan dengan umur penggunanya. Hal itu bertujuan agar mereka bisa mengenal lebih dekat tentang komputer yang ternyata sangat bermanfaat dan berfungsi vital dalam kehidupan manusia.

Lalu, apa sebenarnya pengertian komputer yang perlu diketahui?

Secara umum, komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk menghasilkan berbagai informasi seperti yang diinginkan berdasarkan program dan data yang ada. Itulah pengertian komputer secara umum. Sementara secara garis besar, ada tiga komponen di dalam sistem komputer yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

Pertama, hardware. Disebut juga perangkat keras yang terdiri atas berbagai komponen penyusun komputer, seperti CPU, monitor, keyboard, mouse, dan lain sebagainya. Sementara itu, central processing unit (CPU) sebagai mesin utama dalam komputer di dalamnya juga terdiri atas hardware penyusun dengan berbagai macam fungsi. Misalnya, memory, harddisk, VGA, dan lain sebagainya. Dengan mengenal lebih dekat, maka maka Anda pun semakin mengerti tentang pengertian komputer.

Kedua, software. Disebut juga perangkat lunak atau program komputer. Software dipakai sebagai alat untuk digunakan untuk mengolah data yang dimiliki dengan tujuan tertentu. Misalnya, Anda ingin menulis perlu menggunakan software khusus pengolah kata. Berbeda saat Anda ingin berhitung dengan jumlah angka yang banyak, maka perlu menggunakan software khusus pengolah angka. Begitu juga tujuan lainnya, masih banyak software yang bisa dipilih dan digunakan. Software diciptakan dengan teknologi yang juga diciptakan oleh manusia.

Ketiga, brainware. Disebut juga user atau pengguna. Dalam arti, pengguna dari komputer yang di dalamnya terdapat hardware dan software. Penggunanya adalah manusia itu sendiri sebagai penciptanya juga. Tanpa ada manusia tidak mungkin diciptakan teknologi komputer yang begitu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, fungsi dari manusia sangatlah penting karena sebagai penentu komputer yang ada di tangannya. Dengan kata lain, baik buruknya komputer sangat ditentukan oleh penggunanya sendiri.

Memahami pengertian komputer untuk bisa mengoptimalkannya

Dengan teknologi komputer, semua pekerjaan manusia bisa dikerjakan hingga dituntaskan dengan hasil yang memuaskan. Oleh karenanya, hampir semua bidang pekerjaan manusia dibantu oleh komputer. Hal ini menjadi dampak positif bagi kemajuan teknologi yang diciptakan manusia itu sendiri. Namun demikian, tidak sedikit orang yang hanya bisa memanfaatkan komputer saja tanpa mengetahui filosofinya. Dengan begitu, mereka hanya bisa memanfaatkannya saja. Sementara untuk membantu pengembangannya, banyak yang angkat tangan karena memang tidak bisa melakukan apa-apa. Jika kondisinya seperti itu, teknologi komputer akan stagnan tanpa ada perubahan yang sifatnya progresif. Itulah sekelumit tulisan mengenai pengertian komputer.






No comments: