Pengertian Modem, Jenis Modem dan Fungsi Modem

Updated at : October 26, 2015
Pengertian Modem, Jenis Modem dan Fungsi Modem - Kata “Modem” merupakan singkatan dari kata Modulator Demodulator. Dari kedua kata tersebut, kita sudah dapat mengetahui fungsi dari modem. Bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal modulasi ke sinyal pembawa atau mengubah sinyal analog ke digital sehingga siap untuk ditransfer atau dikirimkan adalah modulator. Sedangkan Demodulator berfungsi untuk memisahkan sinyal informasi yang dapat berupa data atau pesan yang berasal dari sinyal pembawa atau mengubah kembali sinyal digital ke analog sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Secara lebih sederhana modem berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.  Lalu apa Pengertian Modem ? Modem adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan PC dengan internet. Dengan modem, kita dapat mengakses internet dengan line kabel, telepon atau dari layanan penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Tanpa modem, komputer tidak bisa terhubung dengan internet. Namun seiring perkembangan teknologi, kehadiran modem mulai tersisihkan oleh kehadiran wifi.

Sejarah Singkat Modem

Ketika mempelajari Pengertian Modem , sebaiknya kita juga mengetahui asal usul atau sejarah ditemukannya modem. Pada tahun 1977 modem pertama kali ditemukan oleh Dennis C Hayes. Pada saat itu modem hanya digunakan untuk komputer atau PC, namun modem terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Di awal kemunculannya, modem merupakan sebuah alat yang sangat dibutuhkan untuk mengirimkan data melalui sambungan kabel telepon biasa. Dan pada tahun 1943, dibuatlah modem pertama di dunia yang dibuat oleh IBM. Modem ini ialah modem pertama yang mampu mengirimkan data dengan kecepatan 25 bits/detik.

Fungsi Modem

Setelah mengetahui Pengertian Modem, selanjutnya kita akan memberikan informasi mengenai fungsi modem. Secara umum fungsi modem adalah sebagai berikut:

1. Flow control
Setiap modem memiliki kemampuan yang berbeda dalam kecepatan mengirimkan sinyal. Fungsi modem sebagai flow control adalah modem dapat menyesuaikan kecepatan, baik itu menerima atau mengirimkan data agar tidak terjadi overload.

2. Mengoreksi error
Fungsi modem selanjutnya adalah mengoreksi error. Modem memiliki kemampuan dalam mendeteksi error. Yang dimaksud disini adalah modem mampu mendeteksi apakah ada kerusakan pada informasi atau data yang diterima. Ketika modem mendeteksi adanya error, modem akan membagi informasi tersebut ke dalam paket atau yang biasa disebut dengan frame.

3. Mengkompresi data
Modem juga berfungsi untuk mengkompresi data. Kompresi yang dilakukan dalam mengkompresi data dilakukan bersama dalam satuan bit yang dikirim. Modem akan mengelompokkan bit secara bersama dan selanjutnya akan mengkompresi mereka.

Jenis-Jenis Modem

Jika sudah mengetahui Pengertian Modem , selanjutnya ada informasi mengenai jenis-jenis modem. Berdasarkan jenis koneksinya, modem dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

1. Modem analog
Data yang diterima oleh modem analog adalah dalam bentuk sinyal analog. Melalui jaringan transmisi data, data dalam bentuk sinyal analog tersebut selanjutnya diubah menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer, atau bisa juga sebaliknya. Modem analog juga disebut dengan modem dial up karena modem ini juga bisa digunakan untuk koneksi dial up dengan menggunakan jaringan telepon.

2. Modem DSL
Modem DSL (Digital Subscriber Line) adalah modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Modem ini dirancang untuk kebutuhan koneksi berkecepatan tinggi. Karena itulah modem DSL dianggap mempunyai koneksi yang lebih cepat dibanding koneksi dial up internet.

3. Modem Kabel
Modem kabel adalah modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sambungan TV kabel. Sambungan TV kabel ini memiliki koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream.

4. Modem CDMA
Modem CDMA (Code Division Multiple Access) ialah jenis modem yang menggunakan teknologi CDMA dan bekerja dengan menggunakan jaringan CDMA. Modem CDMA memiliki frekuensi ultra tinggi, yaitu 800-1900 Hz.

5. Modem GSM
Modem GSM adalah modem mentransfer data dengan menggunakan telepon selular. Koneksi pada modem GSM bisa menggunakan seluruh provider apapun, asalkan kartu tersebut adalah provider GSM.

Itulah informasi mengenai Pengertian Modem, sejarah, fungsi serta jenis-jenisnya.





No comments: