Pengertian RAM dan Fungsinya dalam Komputer dan Smartphone

Updated at : October 24, 2015
Kata RAM kerap kita dengar saat membaca spesifikasi gawai seperti laptop atau smartphone. Pengertian RAM sendiri masih belum diketahui banyak orang, apalagi jika mereka awam terhadap dunia teknologi. Padahal, dengan mengetahui pengertian RAM, Anda dapat membeli gawai yang sesuai dan dapat memenuhi tuntutan kerja. Untuk mengenalnya lebih dalam, Anda dapat menyimak pengertian RAM dan fungsinya pada laptop dan smartphone di bawah ini.

RAM dalam Personal Computer dan Laptop

RAM merupakan kepanjangan dari Random Memory Access atau memori akses acak. Lebih lanjut, RAM adalah tempat penyimpanan data sementara yang bisa diakses saat komputer dalam keadaan menyala. Salah satu fungsi dari RAM sendiri ialah mempercepat kinerja perangkat tersebut. Semakin besar RAM yang tertanam dalam sebuah gawai, semakin cepat pula kerjanya.

Pengertian RAM dan Fungsinya dalam Komputer dan Smartphone

Contoh sederhana dari cara kerja RAM adalah saat Anda mengetik dalam aplikasi Microsoft Word. Ketika Anda memasukkan karakter, RAM akan menyimpan karakter-karakter yang belum sempat Anda simpan secara manual (dengan menggunakan Save atau Save As pada Word). Namun, karena bersifat sementara, RAM tidak akan menampilkan kembali dokumen yang belum sempat Anda simpan secara manual saat komputer Anda mendadak mati.

Selain itu, RAM dalam komputer juga berfungsi sebagai memori utama (primary memory) untuk membantu processor saat mempersiapkan data yang dibutuhkan dalam CPU. Dalam hal ini, RAM memiliki peran penting seperti HDD, karena ia telah memakai teknologi digital. Maka, dengan bantuan RAM, processor tidak perlu menunggu kiriman informasi dari HDD. Processor sendiri memiliki fungsi untuk mengolah dan meminta data dari HDD sebagai tempat penyimpanan data atau storage. Namun, kecepatan HDD nyatanya 46 kali lebih lambat dari processor, sehingga dibutuhkan RAM yang membantu proses tersebut dan menghindari kerusakan parah dalam CPU.

RAM dalam Smartphone atau Ponsel Pintar

Pada dasarnya, pengertian RAM pada smartphone tidak jauh berbeda dengan PC dan laptop. Hanya saja, ada beberapa perbedaan seperti ukurannya yang lebih kecil dan fungsi yang disesuaikan dengan gawai. Besarnya RAM dalam smartphone pun dipengaruhi beberapa faktor, seperti jumlah aplikasi yang bisa diakses tanpa ‘membersihkan’ memori, jenis aplikasi yang bisa dijalankan pada ponsel bersangkutan, dan kinerja ponsel terhadap background application.

Ukuran RAM tentunya akan berpengaruh terhadap kebutuhan Anda. Jika Anda bukan pengguna ponsel pintar yang senang mengunduh atau mengoprek banyak aplikasi, maka kapasitas RAM sebesar 512 MB dinilai cukup bagi Anda. Namun, jika Anda gamers dan sedang mencari smartphones dengan performa mumpuni, kapasitas RAM sebesar 1 hingga 4 GB bisa menjadi rekomendasi yang patut Anda coba.

Baca juga :
Perbedaan RAM dan ROM Serta Jenisnya
Manfaat Komputer dan Pengunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Pengertian Email dan Jenis Email
Apa itu Wifi? Fakta dan Informasi Menarik Lainnya

Dalam ponsel pintar berbasis Android yang menuntut kinerja multitasking, kapasitas RAM sangat dibutuhkan. Jika RAM kecil, tapi Anda mengakses banyak aplikasi, kemungkinan besar ponsel ada akan hang dan menganggu kinerja perangkat di dalamya.

Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat mengunduh aplikasi phone booster yang tersedia di application store. Booster ini biasanya akan membersihkan RAM yang menumpuk, seperti cache, sehingga Anda dapat menjalankan ponsel pintar tanpa hambatan. Anda juga perlu memilih secara bijak aplikasi apa saja yang memang sangat Anda butuhkan untuk menunjang pekerjaan.

Itulah sekilas pengertian RAM dan fungsinya pada komputer dan smartphone. Semoga informasi pengertian RAM sebagai salah satu komponen penting dalam perangkat dapat membantu Anda dalam memilih gawai yang dibutuhkan.[]





No comments: