Pengertian Server dan Informasi Menarik Lainnya

Updated at : October 19, 2015
Pengertian server atau peladen adalah sebuah sistem sentral pada perangkat komputer yang akan  menjadi pusat penanganan kumpulan data dan melayani permintaan dari komputer klien baik dengan menggunakan jaringan kabel atau wifi (nirkabel). Sebuah server memiliki fungsi melindungi dan memberi keamanan akses seluruh jaringan komputer dibawah naungannya serta menyimpan database atau aplikasi yang dibutuhkan komputer client. 

Sebagai contoh ada 5 buah komputer dalam satu kantor dengan salah satu menjadi servernya, maka data yang ada di komputer server dapat dishare ke komputer lainnya atau ketika ada ingin melakukan pencetakan dokumen dengan menggunakan kontrol satu pc saja.
Pengertian Server dan Informasi Menarik Lainnya
server
Ketika sebuah server aktif maka ukuran processor dan RAM adalah hal utama yang wajib diperhatikan karena nantinya besaran RAM akan mendukung operasional server secara jaringan. 

Ada berbagai jenis protokol yang biasanya akan digunakan dalam sebuah server, diantaranya:

Server HTTP
Hypertext transfer protocol (HTTP) merupakan satu dari sekian banyak protokol yang digunkan sebuah server dan umumnya HTTP digunakan untuk sistem distribusi kolaboratif yang mampu membagikan data saling bertautan satu sama lain.

Server DNS
Server berbasis protokol DNS (domain name system) adalah sebuah server yang memberikan layanan penerjemahan nama situs website menjadi alamat internet, disamping akan menyaring nama host dan transmisi surel.

Server FTP
Protokol server yang satu ini akan memudahkan pihak klien maupun penyedia data mengirim, menyimpan, maupun mengunduh berkas dalam ukuran tertentu. Perintah yang diberikan dalam protokol FTP umumnya dapat digunakan untuk mengubah standar pengiriman file maupun direktori atau data pengiriman.

Server DHCP
Dilihat dari pengertian server yang ada, protokol server yang satu ini membagi sistem pelayanan menjadi DHCP (dynamic host configuraton protocol) server dan DHCP client yang akan dipakai untuk mengkonfigurasikan alamat IP yang digunakan sebagai alamat surfing.

Dari berbagai jenis protokol server yang digunakan, hingga kini banyak yang menyesuaikan protokol server dengan sistem pendukung server seperti Unix, Linux, atau Windows 2008. Masing-masing sistem nantinyaakan dijalankan sesuai fungsi server yang diinginkan, seperti:

a. Server aplikasi
Pengertian server terkait server aplikasi adalah sebuah server yang digunakan untuk menyimpan beragam aplikasi yang langsung digunakan oleh klien ataupun yang melalui sistem kontrol komputer induk. Jenis server yang berhubungan dengan fungsi seperti ini umumnya adalah web server atau virtual server.

b. Server data
Server yang digunakan untuk menyimpan data yang diproses oleh server aplikasi atau diakses klien secara langsung, seperti mail server, list server, atau irc server. Salah satu contoh sederhananya adalah ketika anda mengakses sebuah komputer di warnet dan ingin melakukan kegiatan browsing sambil mendengarkan musik maka salah satu cara yang akan dilakukan adalah membuka drive sharing yang dibagikan oleh server komputer induk.

c. Server proxy
Menurut pengertian server, jenis server yang satu ini berfungsi mengatur lalu lintas jaringan yang menghubungkan antara komputer klien dengan internet. Server proxy sendiri juga akan mempercepat sharing file antara klien dengan server yang dilakukan diluar jaringan.

Sebagai contoh ketika anda datang ke sebuah warnet untuk mengakses internet maka kecepatan akses masing-masing komputer yang ada di warnet tersebut akan dibatasi dan diatur dengan memakai server proxy sehingga tidak ada komputer yang mendadak slow response atau hang mendadak. 

Semoga penjelasan diatas semakin menambah pengetahuan anda tentang pengertian server.





No comments: