Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

Updated at : October 25, 2015
Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya – Berbicara tentang komputer, pastinya tidak lepas dari sistem operasi. Apa pengertian sistem operasi ? Sistem operasi komputer adalah software atau perangkat lunak komputer yang berperan untuk mengontrol dan melakukan manajemen hardware atau perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk juga menjalankan software aplikasi. Misalnya adalah menjalankan program pengolah kata, pemutar musik, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Inggris sistem operasi disebut dengan operating system atau yang biasa di singkat OS.

Setelah membahas mengenai pengertian sistem operasi, selanjutnya adalah mengetahui peran dari sistem operasi komputer tersebut. Sistem operasi komputer (OS) merupakan software yang berada pada lapisan utama dan yang pertama kali diletakkan ke dalam memori komputer ketika komputer dinyalakan. Yang dimaksud memori komputer disini adalah bukan memori RAM, melainkan hardisk.

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

Setelah sistem operasi komputer berjalan, maka software-software lainnya sudah bisa dijalankan. Sistem operasi-lah yang berfungsi untuk melakukan layanan inti umum untuk menjalankan software-software tersebut. Karena sudah dilayani oleh sistem operasi, maka software tidak perlu lagi melakukan pekerjaan inti umum. Layanan inti umum tersebut meliputi manajemen memori, memberi akses ke disk, antar muka user dan menjadwalkan beberapa pemrograman yang berjalan secara bersamaan.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Jika sudah memahami tentang pengertian sistem operasi , selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi dan kegunaan sistem operasi. Fungsi umum dari sistem operasi adalah sebagai penghubung antara lapisan software dan lapisan hardware dan berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah penting dalam komputer.

Fungsi lain dari sistem operasi adalah menjamin software atau aplikasi-aplikasi pada komputer bisa berjalan lancar secara bersamaan dan bebas dari gangguan. Selain itu sistem operasi komputer juga berfungsi untuk menjamin program-program atau aplikasi lainnya dalam memakai memori, bisa melakukan input atau outut pada peralatan lain, serta mempunyai akses ke sistem file.

Contoh Sistem Operasi

Setelah mengetahui pengertian sistem operasi , berikut ini ada beberapa contoh sistem operasi yang sering digunakan oleh pengguna. Contoh sistem operasi diantaranya adalah:

Windows
Di Indonesia sendiri, sepertinya pengguna sistem operasi Windows lebih banyak dibanding dengan sistem operasi komputer yang lainnya. Sistem operasi Windows adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem ini menggunakan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antar muka bergrafis. Dulunya Windows masih dalam jenis Ms-Dos. Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) adalah sebuah sistem operasi yang menggunakan Command-Line interpreter atau teks.

Linux
Sistem operasi Linux berbasis pada standar sistem operasi POSIX yang merupakan turunan dari UNIX.

Macinthosh
Sistem operasi Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan untuk komputer khusus, yaitu computer Macintosh. Sistem operasi ini dibuat oleh Apple. Karena dirancang khusus, sistem operasi ini tidak kompatibel atau tidak cocok untuk digunakan pada komputer berbasis IBM. Sistem ini merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface).

Symbian
Sistem operasi Symbian merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Sistem operasi ini dirancang khusus untuk peralatan bergerak, seperti ponsel.

Android
Sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang populer di kalangan masyarakat saat ini. Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Android dirancang untuk aplikasi ponsel atau mobile, yang pada dasarnya merupakan Os linux yang telah dikembangkan.

Itulah Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.






No comments: