Pengertian Software dan Jenisnya

Updated at : October 21, 2015
Dengan semua perkembangan yang super canggih saat ini sepertinya tak ada satu orangpun yang tak mengerti pengertian software. Tapi, untuk mengerti lebih detail mengenai pengertian software maka berikut adalah sedikit ulasan yang mungkin akan membantu Anda.

Pengertian Software

Pengertian Software

Dalam bahasa Indonesia Pengertian Software ialah perangkat lunak. Sehingga ini adalah perangkat lunak maka komponen ini tidak bisa disentuh langsung dan tidak memiliki bentuk fisik tapi software bisa jalankan dengan system komputer. Sedangkan pengertian software pada komputer adalah sejumlah data yang berbentuk elektronik yang ada didalam komputer dan disimpan dengan bentuk program yang bisa dijalankan dengan baik dengan menggunakan perintah. Dengan menggunakan perangkat lunak inilah maka komputer bisa berjalan dengan baik.

Jenis Software (Perangkat Lunak)


Sebenarnya ada beberapa jenis dari perangkat lunak biasanya digunakan. Jika dikategorikan berdasarkan jenisnya maka ada beberapa tipe dari perangkat lunak diantaranya adalah

a. Perangkat Lunak Yang Berbayar
Perangkat lunak dengan tipe berbayar adalah software yang difungsikan untuk beberapa pelaku bisnis. Ini artinya setiap penggunaan yang menggunakan perangkat lunak ini harus membeli perangkat tersebut pada orang yang menjualnya. Bahkan biasanya jika pengguna menggunakan perangkat ini biasanya tidak dibenarkan untuk menyebarkan perangkat tanpa izin sah dari penerbit software.

b. Perangkat Lunak Gratis
Freeware atau perangkat lunak yang gratis merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan dengan gratis tanpa adanya batas waktu. Dan biasanya para pengembang perangkat lunak yang sifatnya gratis ini membuat software ini untuk disumbangkan pada beberapa kelompok tertentu dan ingin mempertahankannya. Dengan arti lain Anda bisa menggunakan perangkat ini secara bebas tanpa harus membayar.

c. Free Software
Adalah jenis perangkat lunak yang bisa digunakan secara bebas tapi tidak juga gratis. Karena bentuknya yang bebas Anda bisa mengunakan perangkat lunak ini secara tebuka tapi beberapa jenis ini tidak dibuat secara gratis melainkan harus membeli. Tapi setelahnya Anda bisa menyebarkannya dengan cara Anda sendiri. Perbedaan antara perangkat lunak gratis dengan Free Software bebas tapi tidak gratis.

d. Shareware
Perangkat lunak dengan tipe Shareware adalah jenis software yang juga bisa digunakan dengan sebebas – bebasnya tetapi dalam pengunaanya Anda akan dibatasi dengan wajtu. Karena Shareware adalah sebuah program yang terbas dengan waktu dan dalam penyalurannya atau dalam masa percobaanya perlu adanya beberapa fitur atau yang bisa digunakan dengan cara yang terbatas. Hal ini karena perangkat ini menggunakan batasan waktu tertentu dalam penggunaannya dan bisanya Anda akan merasakan kebebasan dalam penggunaanya hanya untuk 30 hari.

Dengan demikian ini sama artinya memberikan Anda pengujuan produk sebelum Anda akan membeli software ini. Sehingga jika Anda membelinya maka Anda bisa mendapatkan versi lengkap dari Shareware yang Anda gunakan. Biasanya perangkat ini akan banyak digunakan oleh beberapa perangkat anti virus ada komputer. Sehingga sering kita lihat beberapa perangkat lunak virus biasanya akan memberikan tenggang waktu tertentu saat Anda menggunakan tapi setelah batas waktu tertentu ketika Anda sudah nyaman maka Anda harus membeli perangkat tersebut.

Baca juga Pengertian Hardware Perangkat Keras Pada Komputer.

Nah, itulah beberapa pengertian software yang lebih mendalam dan juga sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis dari Software yang ada dalam perangkat komputer. Tapi sebenarnya beberapa jenis dan tipe ini juga adalah perangkat gadget lain seperti smartphone Anda dan biasanya hanya bentuk dari aplikasinya saja yang berbeda tapi memiliki peran yang sama dengan perangkat lunak pada komputer.





No comments: