Sejarah Internet Dari Tahun Ke Tahun

Updated at : October 13, 2015
Sejarah internet hingga kini masih terus berkembang. Internet kini telah menjadi salah satu dari sekian banyak kebutuhan penting masyarakat dunia, karena pemanfaatannya yang tak hanya untuk akses informasi pribadi namun juga akses penambah pengetahuan. Namun adakalanya hingga saat ini masih banyak yang belum tahu sejak kapan internet sebenarnya muncul dan bagaimana proses kemunculannya.

Sejarah Perkembangan Internet


Berikut adalah sedikit ulasan tentang perkembangan sejarah internet dari tahun ke tahun yang dapat anda simak.

a.   Tahun 1950 – 1960
Penciptaan internet dimulai ketika AS kalah dari Uni Soviet yang sudah meluncurkan Sputnik di tahun 1957. Kegagalan AS untuk meluncurkan pesawat luar angkasa membuat negara adidaya ini membentuk lembaga ARPA dibawah pengawasan Departemen Pertahanan dan tujuan utama dari lembaga tersebut adalah untuk mencapai keberhasilan di bidang teknologi komputer.

Dari hasil penelitian ARPA diciptakanlah ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merancang protokol TCP/IP demi melindungi data keamanan terpusat yang nantinya akan mudah dihapus pada saat terjadi perang. Baca juga Pengertian Firewall, Cara Kerja & Fungsi.

b.   Tahun 1961 – 1970
Muncul teori packet switching yang dianggap sebagai suatu sarana untuk menghubungkan banyak komputer sebagai sarana pengiriman data dan muncul istilah hypertext yang dipopulerkan oleh Ted Nelson.

c.   Tahun 1971 – 1980
Tahun tersebut dinilai sebagai puncak perkembangan internet dimana muncul seorang tokoh bernama Vint Cerf yang menentukan standar jaringan maupun peningkatan teknologi jaringan komputer yang ada. Di tahun 1974 TCP/IP juga sudah mulai digunakan di berbagai jaringan komputer di dunia.

d.   Tahun 1981 – 1990
Sejarah internet di tahun 1980an diawali dengan penggunaan istilah internet dan penggunaan TCP/IP sebagai kontrol universal pc server. Alamat IP mulai dikembangkan sehingga masing-masing server dapat terhubung tanpa mengakibatkan down sistem atau penyalahgunaan jalur.

Masih pada tahun yang sama, di seluruh dunia tercatat lebih dari 1000 host yang tergabung melalui sistem dan pada tahun 1986 mulai diperkenalkan sistem DNS (domain name system) yang memungkinkan nama alamat di suatu jaringan komputer menjadi seragam. Sehingga dengan demikian, sistem berbagai informasi yang dilakukan menjadi lebih aman dan cepat.

Perkembangan internet terus berlangsung hingga di tahun 1987 pengguna komputer yang saling terhubung sudah mencapai angka 10.000. Di tahun berikutnya orang Finlandia Jarko Oikarinen memperkenalkan program IRC (internet relay chat) dan keberhasilan program tersebut untuk memfasilitasi komunikasi orang antar negara membuat pengguna komputer semakin melonjak.

Baca juga Apa itu Wifi? Fakta dan Informasi Menarik Lainnya.

Di akhir tahun 1990, seorang ahli di bidang komputerm Tim Berners Lee mencetuskan program wolrd wide web atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah WWW dan berhubungan dengan sistem akses data atau jaringan.

e.   Tahun 1991 – sekarang
Perkembangan internet yang terjadi pada tahun 1992 diawali dengan jumlah sambungan komputer yang mulai bertambah hingga melampaui angka sejuta unit dan dilanjutkan dengan kemunculan alamat atau situs internet yang sudah mencapai 3000 website.

Seiring kemajuan teknologi di bidang komunikasi, maka komunikasi melalui sistem internet juga mulai berkembang dengan adanya jaringan Yahoo! Di tahun 1994 dan virtual shopping. Tak hanya itu teknologi yang ada terus dikembangkan dengan  menambah bandwith dan menara penguat gelombang sehingga komunikasi menggunakan media internet semakin lancar.

Adanya pemecahan jenis jaringan yang digunakan untuk komputer maupun telepon genggam seperti WLAN, GPS, dan 3G hingga kini juga masih dalam tahap penyempurnaan untuk meningkatkan kenyamanan akses internet oleh berbagai kalangan masyarakat. Semoga bahasan mengenai sejarah internet diatas semakin menambah pengetahuan anda.

Sekian ulasan singkat mengenai sejarah singkat internet dari tahun ke tahun semoga bermanfaat.






No comments: