Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Updated at : October 22, 2015
Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang - Sejarah perkembangan komputer dari tiap generasi ke generasi pasti memiliki keunggulan ataupun keunikan tersendiri. Pasalnya, manusia yang berhasil menciptakan dan mengembangkan teknologi komputer tentu saja mempunyai tujuan berbeda tiap individu. Ada yang bertujuan hal-hal positif untuk membantu dalam kehidupan manusia sehari-hari. Namun demikian, ada juga yang bertujuan dengan niatan tidak baik. Misalnya, menciptakan semacam virus komputer yang fungsinya untuk menghancurkan software atau program komputer di dalamnya.

Sementara itu, tidak sedikit orang yang belum mengetahui dan mengenal tentang sejarah perkembangan komputer. Padahal informasinya cukup penting untuk diketahui karena kita semua bisa mengetahui tahapan-tahapan penemuan teknologi komputer dari yang pertama hingga sekarang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan teknologi komputer di masa depan juga bisa diketahui program-programnya.

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang
Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian manusia sudah menjadikan komputer sebagai kebutuhan primer atau pokok yang harus dimiliki. Oleh karena itu, hampir setiap hari, kapan dan dimana saja mereka berada pasti membawa komputer, meskipun dalam wujud yang berbeda. Di rumah, kantor, atau di tempat kerja, mereka memiliki personal computer (PC) ataupun laptop. Sementara di dalam tasnya masih membaca tablet. Selanjutnya, di dalam saku baju atau celanya, ada sebuah smartphone yang terdapat teknologi komputer di dalamnya.

Perlu Anda ketahui bahwa sejarah perkembangan komputer di dunia mencatat ada lima generasi teknologi ini ditemukan dan dikembangkan oleh manusia. Berikut sedikit informasinya untuk Anda.

Generasi pertama
Pada generasi yang pertama ini, sejarah perkembangan komputer dimulai. Cukup banyak penemuan-penemuan di bidang teknologi komputer, khususnya pada era Perang Dunia kedua. Beberapa penemuan bertujuan untuk berperang, seperti mendesain pesawat terbang atau peluru kendali, pemecah kode rahasia musuh, penyadapan, dan lain sebagainya. Belum ada penemuan komputer serbaguna yang bisa dimanfaatkan banyak orang, sehingga berpengaruh pada industrialisasi. Akhirnya pada tahun 1951, berhasil dibuat komputer komersial pertama yang diciptakan oleh Remington Rand.

Generasi kedua
Dilanjutkan sejarah perkembangan komputer pada generasi kedua, di mana penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan teknologi komputer. Selain transistor, juga ditemukan memori inti magnetik. Dengan beberapa penemuan tersebut, komputer didesain berukuran lebih kecil dari sebelumnya. Pada awal tahun 1960-an, mulai diciptakan komputer generasi kedua yang digunakan di bidang bisnis, universitas, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya. Bisnis mulai dipengaruhi oleh perkembangan komputer karena informasi keuangan di banyak perusahaan mulai diproses dengan komputer generasi kedua.

Generasi ketiga
Perkambangan komputer terus berlanjut di masa generasi ketiga. Ditemukan dan dikembangkan integrated circuit (IC) yang bisa dipakai dalam komponen komputer. Ilmuwan bekerja keras dan akhirnya bisa memasukkan komponen-komponen ke dalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hal itu menyebabkan ukuran komputer menajdi lebih kecil lagi karena komponen-komponen di dalamnya bisa dipadatkan dalam sebuah chip.

Generasi keempat
Sejarah perkembangan komputer berjalan hingga sekarang di mana dikembangkan deskto komputer atau komputer di atas meja seperti yang Anda gunakan di rumah atau kantor. Berkembang menjadi komputer yang bisa dimasukkan ke dalam tas (laptop). Hingga ditemukan teknologi komputer yang berukuran semakin menyusut karena hanya digenggam saja.

Generasi kelima
Inilah enerasi terakhir yang mungkin belum bisa didefinisikan dan diceritakan lebih lengkap. Pasalnya, teknologi komputer yang ditemukannya belum banyak digunakan orang. Komputer sudah mengandalkan kecerdasan buatan, sehingga bisa berkomunikasi dengan manusia. Sifatnya memang imajinatif, seperti dalam film-film fiksi. Itu kelima generasi dalam sejarah perkembangan komputer.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer.






No comments: