Fungsi Transistor dan Jenis-jenisnya

Updated at : November 11, 2015
Pengertian Transistor, Fungsi Transistor dan Jenis-jenisnya - Tidak banyak yang tahu fungsi transistor terutama dalam kehidupan sehari-hari. Transistor diambil dari kata transfer dan resistor. Jika kedua kata tersebut digabungkan, transistor berarti memindahkan sekaligus menghambat. Sehingga melalui pengertian tersebut dapat disimpulkan fungsi transistor adalah untuk memindahkan atau mengalihkan bahan penghantar hingga berubah menjadi suhu tertentu. Sejak pertama kali ditemukan sejak tahun 1948, transistor sangat besar peranannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian transistor

Fungsi transistor memang jarang diketahui orang. Namun tidak demikian dengan pengertian transistor. Transistor sendiri merupakan salah satu komponen elektronik yang bersifat semi konduktor. Transistor juga memiliki 3 elektroda yakni elektroda dasar, kolektor dan emitor. Elektroda dasar banyak dikenal sebagai elektroda basis, sementara elektroda kolektor juga banyak dikenal sebagai elektroda pengumpul. Dan elektroda emitor juga disebut sebagai elektroda pemancar. Karena adanya tiga elektroda inilah, fungsi transistor sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya digunakan sebagai pemidah, tapi juga sebagai penguat. Hampir sebagian besar barang-barang elektronik menggunakan transistor. Sehingga keberadaan fungsi transistor tidak bisa dianggap remeh dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Transistor dan Jenis-jenisnya

Fungsi transistor

Seperti yang telah diulas di atas, transistor memiliki banyak sekali fungsi transistor. Fungsi ini erat kaitannya dengan elektroda yang dimilikinya. Tidak hanya menjadi pemindah atau penghambat tapi fungsi transistor lainnya adalah sebagai berikut:

  • Tiga elektroda yang dimiliki transistor berfungsi sebagai penguat, pemutus sekaligus menyambungkan hingga membuat stabil tegangan. Sehingga fungsi transistor dapat digunakan untuk kran listrik yang menyediakan aliran listrik dengan tepat.
  • Fungsi transistor yang tidak kalah penting adalah sebagai penguat amplifer. Sehingga keberadaan transistor sangat penting dalam barang-barang elektronik terutama penguat suara seperti amplifer.
  • Transistor juga dapat digunakan untuk membangkitkan frekuensi baik rendah maupun tinggi. Fungsi transistor ini dianggap banyak sekali membantu para perakit barang-barang elektronik.
  • Selain beberapa fungsi transistor yang telah diulas di atas, transistor juga berfungsi untuk menahan sebagian dari arus yang mengalir hingga mampu menjadi peretas bagi arus yang mengalir.

Perkembangan yang terjadi pada teknologi membuat fungsi transistor juga banyak sekali berkembang. Hingga perkembangan bentuknya tidak lagi dapat dihindari. Beberapa tahun belakangan telah dibuat sebuah transistor yang memiliki ukuran sangat kecil hingga mencapai ukuran nano mikron. Transistor ini dapat Anda temukan dalam transistor kumputer. Penggunaan transistor ini seringkali dimanfaatkan untuk barang-barang elektronik yang menggunakan rangkaian analog semisal penstabil tegangan hingga switch. Sebagian besar amplifer juga menggunakan transistor ini.

Jenis-jenis transistor

Transistor adalah komponen elektronik yang dibuat dengan sifat semi konduktor. Dengan sifat yang dimilikinya ini, fungsi transistor bermacam-macam. Selain itu dengan sifatnya ini, transistor dibedakan menjadi dua jenis yakni transistor PNP dan transistor NPN. Kedua transistor ini memiliki beberapa perbedaan. Meski begitu fungsi transistor keduanya hampir sama. Penggunannya untuk barang-barang elektronik juga tidak jauh berbeda. Sehingga banyak orang yang tidak bisa membedakan kedua transistor ini jika tidak sering bersentuhan dengan transistor.

Biasanya orang-orang membedakan kedua jenis transistor dengan mengamati letak tanda panah pada transistor. Pada transistor PNP terdapat tanda panah yang mengarah ke dalam. Sedangkan transistor NPN terdapat tanda panah yang mengarah keluar. Perkembangan kedua transistor ini tidak hanya memiliki fungsi transistor untuk memindahkan bahan pengantar berubah menjadi suhu tertentu. Selain untuk pemindahan tersebut, fungsi transistor juga dapat digunakan untuk memori. Fungsi transistor memori ini adalah untuk melakukan proses getaran listrik yang biasanya dihasilkan komputer melalui prosesor yang dimilikinya.





No comments: