Mengenal Macam-macam dan Fungsi Dioda

Updated at : November 01, 2015
Mengenal Macam-macam dan Fungsi Dioda - Semua orang pasti tahu dioda. Hanya saja tidak banyak dari mereka yang tahu fungsi dioda sebenarnya. Akibatnya tidak sedikit diantara mereka yang menganggap kecil keberadaan dioda. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat fungsi dioda tidak kalah penting dengan listrik itu sendiri. Dioda sangat erat kaitannya arus listrik. Karena dioda digunakan untuk mengantarkan arus listrik pada satu arah sementara pada satu arah lainnya, arus listrik dihambat. Dengan fungsi dioda yang cukup penting ini, banyak perangkat elektronik bekerja maksimal menjalankan fungsinya.

Dioda sendiri dibedakan menjadi beberapa macam. Berdasarkan jenis-jenis dioda ini, fungsi dioda juga dibedakan. Sehingga tidak hanya berbeda jenisnya tapi dioda juga berbeda penggunaannya.

Macam-macam dan Fungsi Dioda

Berikut ini beberapa jenis dioda yang banyak dikenal:

Dioda emisi cahaya atau light emiting diode

Fungsi dioda emisi cahaya banyak digunakan pada beberapa perangkat elektronik yang ada di sekeliling Anda. Dioda ini juga banyak dikenal sebagai LED sehingga perangkat elektronik yang memanfaatkan dioda ini seringkali menyertakan LED sebagai keunggulannya. Hal ini banyak terjadi pada beberapa televisi LED atau penggunaan lampu LED pada mobil.

Macam-macam dan Fungsi Dioda

Dioda jenis ini biasanya menggabungkan unsur optik sekaligus elektronik. Sehingga penyebutan dioda ini lebih banyak sebagai opteolotronik. Fungsi dioda opteolotronik ini memiliki elektroda masing-masing yakni anoda positif dan juga katroda negatif. Penggolongan dioda ini dilakukan atas dasar arah bias dan juga diameter cahaya serta warna yang dihasilkan.

Diaoda cahaya atau diode photo

Fungsi dioda cahaya adalah seringkali digunakan untuk alarm. Selain digunakan sebagai alarm, dioda cahaya juga banyak digunakan sebagai sensor yang menggunakan pita data berlubang. Anda juga bisa mendapati fungsi dioda ini pada alat pengukur cahaya atau lebih dikenal sebagai Lux Meter.

Dibandingkan jenis dioda lainnya, jenis dioda ini lebih sensitif terhadap cahaya. Dioda ini juga hanya mau bekerja pada daerah-daerah tertentu sehingga tidak semua arus cahaya dapat melewatinya. Biasanya dioda ini dibuat dengan bahan silikon serta geranium.

Dioda kapasitas atau dioda varactor

Fungsi dioda kapasitas ini lebih banyak digunakan sebagai pengendali suara pada televisi. Selain dimanfaatkan untuk merakit komponen dalam televisi, dioda kapasitas juga banyak digunakan sebagai pesawat penerima radio. Dioda ini dianggap sebagai dioda yang sangat unik dibandingkan dioda lainnya. Hal ini karena karakteristiknya yang cukup tidak biasa sehingga fungsi dioda ini juga tidak biasa.

Sesuai dengan namanya, dioda ini memiliki kapasitas yang seringkali berubah-ubah. Perubahan kapasitas ini biasanya ditentukan oleh banyak sedikitnya tegangan yang diberikan pada dioda kapasitas ini. Semakin besar tegangan, maka kapasitasnya akan semakin menurun. Sebaliknya, jika tegangan dikurangi maka kapasitas dioda akan semakin besar.

Dioda penyearah atau dioda rectifier

Fungsi dioda penyearah adalah untuk mengubah arus bolak-balik atau arus AC menjadi arus searah atau DC. Biasanya penggunaan dioda jenis penyearah ini lebih banyak ditemukan pada adaptor. Anda juga bisa menemui dioda penyearah ini pada alternator otomotif. Fungsi dioda pada alternator otomotif ini mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah sekaligus menghasilkan performa yang lebih prima pada cincin komutator.

Biasanya cincin komutator terdapat pada dinamo arus searah. Dengan fungsi dioda ini keberadaannya sangat diperhitungkan dalam dunia otomotif. Biasanya dioada penyearah memiliki beberapa karakteristik yang berbeda berdasarkan tegangan yang dimiliki oleh dioda tersebut.

Dioda zener

Fungsi dioda zener adalah untuk menyelaraskan tegangan yang masuk dan keluar. Tentunya penyelarasan dilakukan berdasarkan kapasitas dari dioda itu sendiri. Jika kapasitas dioda mencapai 5.1 V sementara tegangan yang dihasilkan lebih besar dari kapasitasnya, maka penyelerasan tegangan akan dilakukan.

Biasanya fungsi dioda zener sebagai penyeleras tegangan dilakukan menghasilkan tegangan tetap sesuai kapasitasnya yakni 5.1 V tetapi menerima tegangan dengan kapasitas yang lebih kecil dari 5.1 V. dengan  Dioda ini banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari. Sehingga fungsi dioda ini dianggap sangat membantu terutama dalam hal menyelaraskan tegangan.





No comments: