Bagian-bagian Jangka Sorong dan Fungsinya

Updated at : December 11, 2015
Apa saja bagian-bagian dari jangka sorong dan apa saja fungsi masing-masing dari bagian tersebut ? Bila anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan tadi maka cobalah anda membaca artikel ini karena kami akan mencoba memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Jangka sorong merupakan sebuah alat ukur yang mempunyai ketelian sampai seperseratus milimeter. Secara garis besar alat ukur ini terdiri atas dua bagian, yaitu bagian diam serta bagian bergerak. Keahlian pemakai serta ketelitian pemakai dan alat yang dipakai sangat mempengaruhi hasil dari sebuah pengukuran. Terdapat dua macam jangka sorong yaitu jangka sorong manual dan jangka sorong dengan display digital. Lalu apa saja bagian-bagian jangka sorong ? Silahkan simak pembahasan dibawah ini.
Bagian-bagian Jangka Sorong dan Fungsinya

Bagian-bagian Jangka Sorong


1. Rahang dalam
Terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Rahang dalam memiliki fungsi untuk mengukur dimensi luar atau sisi bagian luar sebuah benda misal tebal, lebar sebuah benda kerja.

2. Rahang luar
Terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Rahang luar memiliki fungsi untuk mengukur diameter dalam atau sisi bagian dalam sebuah benda misalnya diamater hasil pengeboran. ( pada gambar ditunjukkan dengan nama pengukuran dalam ).

3. Depth probe atau pengukur kedalaman
Seperti namanya bagian ini mempunyai fungsi untuk mengukur kedalaman sebuah benda.

4. Skala Utama (dalam cm)
Skala utama dalam bentuk satuan cm memiliki fungsi untuk menyatakan ukuran utama dalam bentuk centimeter (cm).

5. Skala utama (dalam inchi)
Skala utama dalam bentuk satuan inchi memiliki fungsi untuk menyatakan ukuran utama dalam bentuk inchi.

6. Skala nonius (dalam mm)
Skala nonius dalam bentuk milimeter berfungsi sebagai skala pengukuran fraksi dalam bentuk mm.

7. Skala Nonius (dalam inchi)
Skala nonius dalam bentuk inchi berfungsi sebagai skala pengukuran fraksi dalam bentuk inchi..

8. Pengunci
Mempunyai fungsi untuk menahan bagian-bagian yang bergerak saat berlangsungnya proses pengukuran misal rahang dan Depth probe.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai bagian-bagian jangka sorong dan fungsinya semoga bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua, bila terdapat kesalahan dalam pembahasan mohon saran perbaikannya.

Sumber gambar : ebah.com.br






No comments: