Jangka Sorong Digital

Updated at : December 11, 2015
Jangka Sorong Digital merupakan salah satu dari beberapa jenis jangka sorong yang biasa digunakan. Jenis-jenis jangka sorong yang lain yaitu jangka sorong analog atau manual, jangka sorong digital dan jangka sorong dial.

Dengan adanya jangka sorong digital proses pengukuran menggunakan vernier caliper semakin mudah dan gampang. Karena kita tidak perlu lagi membaca skala utama dan skala nonius pada bagian jangka sorong. Selain itu jangka sorong jenis ini juga sangat mudah kita peroleh di toko-toko alat-alat teknik bahkan saat ini sudah banyak toko online yang menawarkan harga jangka sorong digital dengan murah.
Jangka Sorong Digital
Jangka Sorong Digital
Jika kita lihat bentuk semua jenis jangka sorong hampir serupa hanya terdapat sedikit perbedaan, contohnya pada jangka sorong jenis digital bedanya hanya terdapat pada skala nonius yang diganti dengan modul elektronik yang mempunyai display layar monitor. Dalam penggunaannya jangka sorong digital juga sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus, hanya perlu memperhatikan hal-hal tertentu agar tidak mengganggu proses pengukuran.

Cara menggunakan jangka sorong digital

Sebelum menggunakan jangka sorong ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

  • Rahang geser harus bisa meluncur pada batang ukur dengan baik.
  • Pastikan menekan tombol ON/Zero saat kedua rahang menempel.
  • Benda yang akan diukur sebisa mungkin jangan diukur hanya dengan menggunakan ujung rahang ukur usahakan agak kedalam.
  • Tekanan pengukuran jangan terlalu kuat tetapi seperlunya saja.
  • Pastikan kebersihan permukaan benda yang akan diukur.


Setelah kita memastikan angka pada display layar menunjukkan angka 0 dan kedua rahang dalam posisi menempel. Kita bisa mengarahkan jangka sorong kebenda yang akan kita ukur maka layar monitor display akan menampilkan angka hasil pengukuranya. Sangat mudah bukan penggunaannya ? Selain bisa menggunakan vernier caliper jenis digital ada baiknya kita juga bisa menggunakan jangka sorong analog agar jika nanti jangka sorong digital yang kita miliki rusak, kita masih bisa menggunakan jangka sorong analog.

Semoga sedikit uraian singkat diatas mengenai jangka sorong digital bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua.






No comments: