Mikrometer Sekrup, Jenis, Pengertian dan Fungsi

Updated at : December 09, 2015
Mikrometer Sekrup, Cara Membaca, Pengertian dan Fungsi - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai alat ukur jangka sorong dan anemometer pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai mikrometer sekrup. Mikrometer memiliki fungsi yang sama dengan jangka sorong yaitu untuk mengukur panjang sebuah benda. Tetapi jika kita bandingkan ketelitian dari kedua alat ukur tersebut mikrometer memiliki ketelitian yang lebih tinggi yaitu 10 kali lebih teliti jika dibandingkan dengan jangka sorong yang memiliki ketelitian 0,1mm.

Pengertian Mikrometer

Mikrometer sekrup adalah sebuah alat ukur yang bisa mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian sampai dengan  0.01 mm. Dalam penggunaannya alat ukur ini banyak dipakai untuk mengukur besaran panjang, ketebalan benda serta diameter luar sebuah benda.

Mikrometer

Jenis-jenis alat ukur mikrometer

Mikrometer mempunyai tiga jenis umum pengelompokan yang didasarkan pada aplikasi dibawah ini :

1. Mikrometer Luar, Mikrometer luar dipakai untuk mengukur benda contohnya kawat, lapisan-lapisan, blok-blok serta batang-batang.
2. Mikrometer dalam, Mikrometer dalam dipakai untuk mengukur sebuah garis tengah dari lubang sebuah benda
3. Mikrometer kedalaman, Mikrometer kedalaman dipakai untuk mengukur kedalaman dan ketinggian dari sebuah benda.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Fungsi Mikrometer adalah untuk mengukur panjang, tebal, diamater dan kedalaman sebuah benda yang mempunyai ukuran cukup kecil seperti lempeng besai atau baja, diameter kabel dan kawat, lebar sebuah benda yang mempunyai tingkat presisi tinggi. Dalam pemakaiannya mikrometer memiliki fungsi utama yaitu mengukur besaran panjang suatu benda dengan presisi.

Demikian sekilas pembahasan mengenai pengertian mikrometer, jenis dan fungsinya semoga bermanfaat bagi pembaca semua, jangan lupa share agar manfaatnya juga bisa di rasakan oleh orang lain.

Sumber bacaan : wikipedia, google, pengetahuan penulis.






No comments: