Apa Benar Memijat Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Updated at : January 11, 2016
Sebuah studi penelitian baru-baru ini mempublikasikan jika memijat payudara bisa membantu menurunkan resiko kanker payudara bagi perempuan. Benarkah hal itu? Silahkan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Kanker payudara saat ini masih menjadi salah satu momok menakutkan bagi banyak wanita. Banyak pengobatan hadir untuk mencegah dan mengobatinya mulai dari pengobatan herbal sampai pengobatan moderen. Baru-baru ini sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mempublikasikan jika memijat payudara dapat mencegah kanker payudara.

Kanker payudara

Bagaimana hal itu terjadi?

Gautham Venugopalan, Yang merupakan salah satu ilmuwan yang terlibat didalam penelitian tersebut, mengatakan jika "Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh manusia. Saat kita mengangkat sebuah beban otot di tubuh akan menjadi lebih besar. Gaya gravitasi bumi sangatlah penting guna menjaga tulang kita kuat. Di sini kami akan menunjukkan bahwa tekanan fisik mampu memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.”

Memijat Payudara dan Risiko Kanker

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan telah memasukkan sel kanker payudara ganas kepada sebuah silikon. Mereka selanjutnya mencoba menekan dan meremas silikon yang berisi sel kanker ganas. Sesudah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh dengan cara normal dan tak ganas.

Mereka juga memaparkan bahwa aktivitas memijjat payudara barangkali tidak dapat dikembangkan menjadi wujud terapi. Meskipun demikian, penemuan ini memberikan tata cara baru untuk melacak molekul dan struktur sel yang dapat dijadikan target terapi.

Benarkah hal tersebut hanya Tuhan yang tahu, Tanggapi penemuan ini secara positif ya pembaca semua.[]

Sumber : klikdokter.com





No comments: