Efek Bahaya Bermain Hp Menjelang Tidur

Updated at : January 09, 2016
Kamu mungkin sering membuka ponsel sebelum tidur untuk sekedar chatting atau melihat pemberitahuan, Tahukah kamu ternyata kebiasaan ini mempunyai pengaruh yang tidak baik. Berikut pembahasannya.

Kopi-ireng.com - Jika anda memiliki kebiasaan memakai Hp sebelum tidur ternyata kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan dan menggangu tidur kamu. Selain bisa mengganggu penglihatan mata, juga dapat membuat kamu sukar tidur pada malam hari.
Efek Bahaya Bermain Hp Menjelang Tidur
image from vemale.com
Para ahli Ofcom menemukan delapan dari sepuluh orang yang sering membawa Hp dan perangkatnya ketika mereka akan tidur. Kebiasaan tersebut sangat mengkhawatirkan karena diketahui dapat membuat pengaruh yang tidak bagus bagi kesehatan.

Terkecuali bakal mengganggu, keberadaan Hp menciptakan manusia yang kerap merasa waswas & ingin senantiasa memeriksa notifikasi masuk dalam Hp mereka. Faktor ini bisa mengganggu mutu tidur sampai menciptakan satu orang menderita insomnia.

Dr Guy Meadows, spesialis insomnia dari The Sleep School, London menyebutkan bakal lebih baik seandainya sesaat sebelum tidur orang tak lagi memakai telephone seluler. Bahkan Dr Meadows menyatakan dia biasa meletakkan ponselnya jauh dari tempat tidur kala tengah malam hri.

Yg jadi kontroversi, tidak sedikit yg merasakan pusing serta sakit kepala tiap kali memanfaatkan hp menjelang tidur. Factor ini tak terlepas dari cahaya handphone yg terlampau terang membuat organ mata bekerja lebih ekstra.

Dr Charles Czeisler, satu satu orang profesor kedokteran di Harvard University menyatakan cahaya hp akan merangsang sel-sel di retina, daerah di belakang mata yg mentransmisikan pesan ke otak guna bekerja lebih keras. Sel-sel peka cahaya menginformasikan badan kita utk terus merespons cahaya.

"Kebiasaan ini akan menciptakan pelepasan hormon melatonin yg menciptakan Kamu merasa ngantuk, & hormon cortisol yg membuat kamu ngantuk. Seluruh cahaya buatan, baik dari bola lampu, neon, sampai cahaya mobile phone diperkirakan menghambat pelepasan melatonin maka akan menciptakan seorang terjaga lebih lama," papar Dr Meadows seperti dilansir Dailymail.

Cahaya dari telepon selular bisa jadi mempunyai resiko yg lebih besar. Cahaya yg dihasilkan telepon selular, tablet & media elektronik tidak sedikit mengandung unsur warna biru - yg mempunyai kekuatan besar dalam menstimulasi kerja otak.

"Pigmen melanopsis, saraf yg terdapat di retina mata amat sangat sensitif kepada paparan warna biru," tutur Profesor Debra Skene, satu orang ahli neuroendocrinologist dari University of Surrey.

Aspek inilah yg menciptakan kita lebih tertarik untuk memeriksa pemberitahuan di hp di bandingkan dengan membaca buku. Sebenarnya monitor Televisi & netbook juga mengandung unsur warna biru yg dominan, walaupun pengaruhnya tak sedahsyat cahaya dari monitor telephone seluler.[]






No comments: