17 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Sungai Gangga

Updated at : January 19, 2016
Kebanyakan orang pasti pernah mendengar tentang sungai gangga, apalagi jika anda merupakan salah satu penggemar film bollywood pasti sudah sering mendengar mengenai sungai gangga.

Sungai Gangga merupakan sungai yang paling terkenal di negara India karena sungai ini menjadi salah satu sumber kehidupan penting bagi masyarakat disana. Di sungai yang bermuara di teluk benggala ini banyak masyarakat yang menggantungkan kebutuhan hidup sehari-hari. Sungai ini merupakan salah satu sungai yang dianggap suci bagi umat Hindu di negara India.

Sungai Gangga
Sungai Gangga, Wikipedia

Fakta menarik tentang Sungai Gangga

1. Sungai ini mengalir melewati dua negara yaitu India dan bangladesh hingga akhirnya bermuara di Teluk Benggala.

2. Dataran di tepi sungai gangga merupakan salah satu lokasi terpadat penduduknya di negara India dan merupakan daerah yang sangat subur.

3. Gangotri adalah glester di Himalaya yang menjadi sumber utama Air Sungai Gangga.

4. Sungai Gangga mempunyai panjang kurang lebih 2.525 kilometer dan merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia.

5. Dua buah sungai yaitu Sungai Alaknanda dan Sungai Bhagirathi tergabung dan membentuk aliran sungai Gangga

6. Sunderbans merupakan delta terbesar didunia yang terletak di tepi sungai ini, Delta Sunderbans merupakan lokasi yang menjadi tempat tinggal harimau Bengal.

7. Ada banyak satwa yang menjadi penghuni sungai gangga, Salah satu yang paling terkenal adalah lum-lumba air tawar sungai gangga. Lumba-lumba ini terancam punah akibat polusi dan pembangunan. Jumlah mereka menyusut dari jumlah mereka pada lima belas tahun yang lalu.

8.  Kumbh Mela merupakan sebuah Festival keagamaan terbesar umat Hindu di dunia yang dilaksanakan selama 3 hari di sungai Gangga di desa Kumbh kota Allahabad negara India. Selama kurang lebih 8 Minggu, desa Kumbh menampung jutaan peziarah yang biasa disebut kalpwasis bersatu padu.

9. Sungai Gangga adalah tempat pusat spiritual di India, Karena itulah abu dari jenazah yang telah dikremasi biasanya dibuang ke sungai ini. Air dari sungai Gangga juga dipakai untuk merendam abu jenazah usai dilakukan upacara kremasi.

10. Sungai Gangga merupakan sungai yang paling suci dalam kepercayaan umat agama Hindu dan disembah sebagai Dewi Gangga.

11. Tetapi walaupun dianggap sungai paling suci, sungai ini merupakan salah satu sungai yang paling tercemar didunia. Hal ini terjadi karena banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai dan semakin parah dengan aktivitas warga seperti mandi dan mencuci yang dilakukan di sungai ini. Selain itu juga banyak warga miskin yang tidak mempunyai uang untuk melakukan proses kremasi jenazah menghayutkan jenazah di sungai ini.

12. Di sepanjang tepian sungai ini kita bisa menemukan banyak deretan teras dan tangga panjang yang dibangun  menuju sungai yang biasa disebut Ghat.

Ghat memiliki banyak kegunaan salah satunya menjadi salah satu lokasi aktivitas warga india seperti ritual mandi, berdo'a, memberikan sesembahan dan mencuci serta menjemur pakaian.

13. Selain ghat, di tepi sungai Gangga juga banyak dibangun bangunan seperti istana tua, kuil serta candi.

14. Air sungai Gangga dianggap suci dan dapat menghilangkan dosa oleh warga disana, karena kepercayaan inilah banyak umat Hindu India yang mandi di sungai ini.

15. Sungai Gangga tidak hanya dikunjungi oelh warga di sekitar sungai tetapi banyak juga didatangi oleh pengunjung dari jauh yang khusus mengunjungi sungai ini untuk ziarah dan melakukan ritual.

16. Umat Hindu di India setelah mandi dan melakukan ritual di sungai ini biasanya akan membawa pulang air sungai ini sebagai air suci yang akan digunakan untuk berbagai ritual.

17. Gangga dianggap sebagai seorang dewi didalam teks kuno seperti Weda & Purana.

Demikian sekilas info mengenai fakta menarik tentang sungai gangga India yang kami rangkum dari berbagai sumber.[]





No comments: