12 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Sungai Nil

Updated at : January 19, 2016
Sungai Nil memperoleh namanya dari bahasa Yunani neilos, Neilos secara harfiah mempunyai makna "lembah sungai".

Ada sebuah ungkapan yang sangat terkenal tentang sungai ini yaitu Mesir merupakan hadiah dari Sungai Nil.

Ungkapan tersebut muncul karena didasarkan fakta jika peradaban bangsa Mesir berkembang karena kesuburan daerah disekitar Sungai Nil.

Setiap tahunnya, Nil selalu banjir dengan membawa lumpur ke daratan Mesir. Banjir tersebut merubah daerah padang pasir yang tandus menjadi daerah subur.

"Sungai kehidupan" merupakan sebutan orang Mesir bagi Nil karena telah memberikan kesuburan bagi tanah Mesir serta menjadi pendukung tumbuhnya peradaban di lembah Sungai Nil.

Nil merupakan sumber air utama bagi seluruh wilayah Mesir.

Sungai Nil

Fakta dan Informasi Menarik Tentang Sungai Nil 

1. Bagi umat Islam Sungai Nil merupakan tempat dihanyutkannya nabi Musa dalam sebuah peti oleh ibu kandungnya untuk menghindari pembunuhan oleh Raja Firaun terhadap bayi laki-laki yang baru lahir.

2. Mata air Nil bersumber di wilayah Rwanda dan Burundi yang kemudian mengalir melewati berbagai negara yang kemudian bermuara di laut Tengah.( baca juga : 17 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Sungai Gangga )

3. Selain Mesir sungai ini juga melewati berbagai negara lain yaitu Sudan, Burundi, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Rwanda serta Tanzania. Jadi total Nil melewati kurang lebih sembilan negara termasuk Mesir.

4. Sungai Nil merupakan satu dari dua sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil mempunyai panjang kurang lebih 6.650 kilometer atau 4.132 mil.

5. Kairo, Khartoum, Gondokoro, Aswan, Karnak, Thebes serta Alexandria. merupakan kota-kota di Mesir yang di lintasi oleh Sungai Nil.

6. Sungai Nil Biru dan Bil Putih merupakan dua anak sungai utama dari Sungai Nil, Nil Putih bersumber dari Danau Victoria di negara Uganda yang merupakan salah satu danau yang terbesar di benua hitam Afrika.

Sedangkan Nil Biru  berasal dari Danau Tana di Ethiopia, yang kemudian mengalir ke arah barat laut Sudan. Menurut Badan Perwakilan Statistik Pusat Ethiopia sungai Nil Biru mempunyai panjang sekitar 1,450 kilometer dimana 800 kilometer nya mengalir diwilayah negara Ethiopia.

7. Sumber Sungai Nil masih menjadi perdebatan. Banyak orang yang percaya jika sumber sungai ini adalah danau Victoria di Uganda yang meruapakan danau terbesar di benua Afrika.

8. Pertanian di negara Mesir semakin berkembang dengan di bangunnya bendungan Aswan. Jika tidak ada bendungan tersebut, sebagian wilayah negara Mesir akan mengalami banjir akibat meluapnya Sungai Nil.

9. Sungai Nil selain memberikan kehidupan bagi warga Mesir juga membawa bencana tahunan berupa banjir besar yang dapat merendam pemukiman penduduk dan lahan pertanian.

10. Bendungan Aswan terletak di kota Aswan, Mesir. Sebuah bendungan baru yang disebut High Dam dibangun sekitar tahun 1970.

Bendungan pertama di Aswan, yang dikenal sebagai Aswan Low Dam, dibangun sekitar tahun 1800an.

11. Sebuah catatan kuno menyebutkan, sebelum dibangunnnya bendungan Aswan, Sungai Nil mengalir ke tujuh daerah dari timur hingga barat, yaitu Pelusiac, Tanitic, Mendesian, Phatnitic, Sebennytic, Bolbitine, serta Canopic.

12. Sungai Nil merupakan rumah bagi salah satu spesies buaya yang mematikan yang merupakan spesies buaya terbesar kedua.[]






No comments: