14 Fakta dan Informasi Menarik Tentang Bebek

Updated at : February 28, 2016
Itik atau bebek merupakan nama umum bagi sejumlah spesies burung yang masuk ke dalam famili Anatidae.

Secara umum binatang yang satu ini merupakan burung akuatik yang kebanyakan memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan para kerabatnya seperti angsa maupun angsa dengan leher pendek.

Pada dasarnya, bebek dapat ditemukan di perairan air tawar atau pun air laut. Tetapi di Indonesia bebek lebih banyak menjadi salah satu hewan peliharaan yang dimanfaatkan daging atau pun telurnya untuk keperluan bisnis.
salah satu spesies bebek

Terkadang binatang yang terkenal sangat penurut ini disamakan juga dengan jenis-jenis burung air lainnya yang berhubungan jauh akan tetapi memiliki penampilan yang mirip, misalnya seperti  grebe, loon, coot atau gallinule.

Bukan hanya itu, beberapa jenis bebek mampu melakukan kawin silang. Keturunan dari kawin silang ini steril serta tidak memiliki keturunan. Layaknya persilangan antara bebek pelari dengan serati yang akan menghailkan keturunan tiktok dan brati.

Berdasarkan pada sistem taksonomi hewan, diketahui bahwa bebek diklasifikasikan dalam kelas-kelas yang berbeda yaitu animalia (kerajaan), chordata (filum), aves (kelas), anseriformes (ordo), anatidae (famili), dendrocygninae (subfamilia).

Meskipun terkenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang menguntungkan dari telurnya. Ternyata ada cukup banyak fakta unik bebek yang mungkin selama ini belum banyak disadari oleh masyarakat.

Fakta menarik tentang bebek:

1. Pada awalnya merupakan hewan yang liar hingga akhirnya sekitar beberapa tahun silam, jenis unggas penurut ini dipelihara oleh orang-orang Tiongkok secara massif.

2. Ketika tidak ada lagi bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sarang. Maka indukan bebek akan dengan rela mencabuti bulu-bulunya hanya demi membuat sarang.

3. Meskipun dinilai sebagai hewan kotor, kenyataannya bebek terus berusaha menjaga kebersihannya tubuhnya. Caranya dengan menjilati kotoran yang menempel di bulu-bulu tubuhnya hanya menggunakan mulutnya sendiri.

4. Bulu bebek mengandung kelenjar minyak khusus. Jadi meskipun bebek telah lama berendam dalam air dan tenggelam, tetap tidak kebasahan.

Lapisan minyak bulu bebek ini bermanfaat juga menjadikan tubuhnya tetap hangat meskipun saat malam hari.

5. Tidak ada sistem saraf maupun pembuluh darah di kaki bebek. Ini membuat bebek tidak akan pernah merasakan kepanasan maupun kedinginan ketika ada sesuatu dengan suhu rendah atau tinggi menempel ke kakinya.

6. Sama halnya dengan sejumlah unggas lainnya, bebek memiliki cara berjalan yang sangt unik dan lucu. Gaya berjalannya sambil menggoyang-goyangkan ekor karena pengaruh dari kakinya yang berselaput lumayan lebar.

Dimana selaput-selaput yang ada di sela-sela jari kakinya berguna sebagai pendayung ketika sedang berenang.

7. Berdasarkan penelitian, kelopak mata bebek ada 3 yaitu 1 berada di bagian bawah dengan 2 lainnya ada di bagian atas.

8. Fakta unik bebek yang selanjutnya yaitu memiliki suara yang memang benar-benar asli. Tidak ada sedikit pun gema yang muncul dari tenggorokan bebek saat sedang bersuara.

9. Beberapa unggas seperti bebek dan angsa masih mampu terbang dengan jarak mencapai 500 kilometer dalam setiap harinya.

10. Ada beberapa bebek yang usia kehidupannya mampu mencapai hingga 14 tahun. Namun sebagian besar justru hanya mampu hidup tidak lebih dari 5 tahun. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah habitat.

Faktor lainnya yang juga mempengaruhi perbedaan usia bebek adalah jenis atau spesies dari bebek itu sendiri.

11. Setiap jenis bebek pada dasarnya memiliki aksennya sendiri yang berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung dengan jenis suara yang dikeluarkan masing-masing spesies bebek itu sendiri.

12. Saat telur bebek menetas, apa pun yang dilihat pertama kali oleh anak bebek saat menetas akan langsung di anggap sebagai induk mereka.

Fakta unik bebek yang satu ini sekaligus mampu menjawab mengapa anak bebek bisa diasuh oleh induk unggas yang lainnya. Induk yang paling sering mengasuh anak bebek sendiri adalah ayam.

13. Tahukah bahwa sperma bebek mampu membunuh kuman dan bakteri.

14. Untuk fakta unik bebek yang terakhir terletak pada kemampuan pengilahatan unggas ini. Karena bebek memiliki penglihatan yang sangat luar biasa. Bebek mampu melihat lebih banyak jenis warna jika dibandingkan dengan manusia.[Berbagai sumber]






No comments: