15 Fakta Menarik tentang Burung Bangau yang Perlu Anda Ketahui

Updated at : February 25, 2016
Burung bangau merupakan jenis burung yang masuk ke dalam famili Ciconiidae. Badannya besar, kakinya panjang, lehernya juga panjang, dan memiliki paruh yang termasuk kuat serta tebal. Bangau hampir pasti dijumpai di kawasan yang memiliki iklim hangat.

Biasanya burung bangau memangsa ikan, serangga, burung kecil, dan juga katak. Bangau tidak mempunyai organ yang mengeluarkan suara. Ia berkomunikasi dengan menautkan paruhnya dengan pasangannya. Bangau memanfaatkan aliran udara yang panas dan hangat untuk dapat menyimpan tenaganya saat terbang jauh.

Bangau ialah burung yang tergolong memiliki berat badan yang besar dan sayapnya dapat merentang lebar sekali. Saingan burung yang memiliki besar sama seperti bangau ialah burung kondor.

Fakta Menarik tentang Burung Bangau yang Perlu Anda Ketahui

Sarang yang dipakai bangau akan dimanfaatkan hingga beberapa lama, bahkan tahunan, ukuran sarangnya besar, yakni sekitar 2 meter diameternya. Bangau juga dikenal setia pada pasangannya sehingga sering dipakai sebagai simbol bahagia oleh beberapa budaya di dunia.

Berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai bangau:

1. Burung bangau dipakai sebagai simbol natalitas di Eropa. Bangau juga sering dijadikan sebagai cerita sebelum tidur untuk anak-anak di Jerman dan Belanda.

2. Sekitar 25% jenis bangau yang ada di seluruh dunia dimiliki oleh negara Polandia. Oleh karena itu, negara yang memiliki warna bendera putih-merah ini menjadikan bangau sebagai lambing tak resminya.

3. Otto Lilienthal, pembuat terbang laying, ternyata terinspirasi oleh foto burung bangau yang diambil oleh Ottomar saat bangau tersebut sedang terbang di udara.

4. Bangau sering terbang di udara membentuk huruf V bersama kawanannya. Setelah diteliti, formasi huruf V tersebut membuat mereka terbang lebih efisien 71% dibandingkan terbang tanpa formasi.

Filosofi ini pun dimuat Stephen R. Covey dalam buku Seven Habits for Highly Effective Teens yang masyhur itu.

5. Di negara Jepang, bangau memiliki filosofi yang tinggi. Bangau sering dipakai dalam pembuatan origami yang disusun dan dirangkai oleh benang dan ditaruh di dekat jendela. Dipercaya, jika melipat origami berbentuk bangau sejumlah 1000 buah, apa yang diinginkan dapat terkabul.

6. Bangau dikenal sebagai hewan penyendiri. Akan tetapi ketika musim kawin mereka akan membuat suatu koloni dan hal ini sering terjadi saat bulan Februari sampai Mei di bagian India, dan November sampai Januari di kawasan India Utara.

7. Berdasarkan statistik yang dibuat RED LIST UCN, populasi bangau tongtong diseluruh dunia dinyatakan pada level Rentan!

8. Bangau ialah hewan yang cara makannya menggunakan system saringan, serupa dengan paus, ikan, dan juga kerang. Cara makannya ini ditopang oleh bentuk unik paruhnya yang seakan-akan terjadi patah di bagian tengahnya.

9. Tahukah kalian apabila bangau mampu berdiri hanya pada satu kakinya saja? Hal ini berguna saat ia ingin mengurangi mendinginnya tubuh saat terkena air.

10. Tahukah kalian jika bangau memberi makan anaknya saat bayi dengan sebuah zat yang terlihat seperti susu rasa strawberry? Sampai saat ini penelitian masih dilakukkan sebenarnya apa substansi tersebut yang dikeluarkan dari metabolisme tubuhnya.

11. Marabou ialah burung bangau pemakai bangkai yang berasal dari daratan Afrika. Marabou menjadi penyelamat bagi warga Afrika karena dengan kebiasaannya itu bisa menekan persebaran kuman penyakit oleh bangkai binatang.

12. Telur bangau akan dierami oleh induk betina dan akan meteas kurang lebih satu bulan setelahnya.

13. Saat musim kawin, betina akan menari-nari untuk menarik perhatian jantan dan mengajaknya kawin. Setelah kawin, mereka akan membuat sebuah sarang yang dibuat dari ranting-ranting pohon yang ditempatkan di atas dahan pohon.

14. Burung bangau terbang dengan menerapkan prinsip aerodinamis. Ia akan menjulurkan kepalanya kea rah depan dan kakinya akan didorong ke belakang.

15. Bangau suka sekali berpergian ke lokasi yang jauh. Setiap tahunnya mereka akan mencari tempat yang lebih hangat supaya mereka dapat bertahan hidup. Hal ini bisa menjadi pertanda musim panas akan datang untuk daerah yang didatangi oleh bangau, saat teknologi belum secanggih sekarang.

Itulah beberapa fakta unik dari bangau, dari lambing kesetiaan, kesukaannya terhadap daerah hangat, suka menyendiri, dan filosofi formasi terbangnya yang sangat efisien dan seperti belajar fisika! Semoga membantu![]

Sumber Bacaan :
Id.wikipedia.org
www.re-tawon.com
id.harunyahya.com






No comments: