21 Fakta Menarik Seputar Belut dan Belut Listrik

Updated at : February 29, 2016
Belut listrik merupakan predator air tawar dan mempunyai muatan listrik yang sangat besar yang dapat dihasilkan oleh tubuh mereka.

Fungsi dari listrik tersebut adalah untuk menyetrum mangsa mereka serta menghalangi predator yang ingin memangsa mereka.

Anggota dari hewan ini bersifat pantropis yaitu dapat ditemukan pada semua daerah yang tropis.
Belut Listrik
Belut Listrik

Fakta Menarik Seputar Belut dan Belut Listrik

1. Belut sebenarnya sangat berbeda dengan sidat karena sidat mempunyai sirip yang sangat terlihat jelas. Sedangkan untuk belut tidak mempunyai sirip hanya ada pada bagian sirip ekor yang juga tereduksi.

2. Sebenarnya untuk kebanyakan belut lebih tidak suka untuk berenang mereka lebih suka untuk bersembunyi didalam lumpur.

3. Belut itu termasuk jenis ikan yang dapat merubah jenis kelaminnya atau disebut dengan hewan hermaprodit.

4. Belut terbagi menjadi 2 bagian yaitu belut biasa dan belut listrik.

5. Selain perbedaan dari arus listrik yang dimiliki perbedaan lainnya antara belut listrik dan belut biasa adalah belut listrik mempunyai bentuk yang hampir menyerupai lele dan lebih suka hidup di sungai keruh serta kolam Amazon dan Orinoco, Amerika Selatan.

6. Ikan listrik satu-satunya yang berada dari genus electrophorus adalah belut listrik atau disebut juga dengan electric eel.

7. Belut listrik dapat menciptakan guncangan hingga mencapai 600 volt yang sering mereka gunakan untuk berburu mangsanya dan melawan para predator.

8. Untuk belut listrik dewasa mampu menghasilkan arus listrik yang mencapai 600-800 volt dimana pada arus sebesar tersebut dapat menghasilkan arus listrik terbesar yang ada didunia.

9. Belut listrik yang mempunyai ukuran cukup besar dapat melebihi 2,5 meter untuk panjangnya dan berat melebihi 20 kilogram.

10. Pada bagian tubuh belut listrik mempunyai warna abu-abu atau hijau gelap sedangkan untuk bagian bawahnya mempunyai warna kekuningan.

11. Sama halnya dengan ikan yang lainnya belut juga mempunyai zat glycoprotein dimana zat tersebut berada pada bagian dalam kulit yang dapat berubah  menjadi lendir pada saat bersentuhan dengan air yang dapat menyebabkan kulit pada bagian epidermis akan selalu basah.

12. Pada saat belut mencari mangsanya, belut listrik tidak akan menggunakan indera penglihatan yaitu mata tetapi menggunakan tegangan arus listrik yang berukuran kecil untuk dapat mendeteksi dimana mangsanya tersebut berada.

13. Mata dari belut listrik sebenarnya buta sehingga tidak dapat digunakan untuk mencari mangsanya.

14. Matanya yang buta tersebut disebabkan karena adanya aliran listrik yang berasal dari tubuh hewan yang sangat licin ini. Hal ini dikemukakan oleh beberapa para penelitian.

15. Bagian kepala adalah area yang sangat membahayakan untuk belut listrik ini. Bagian kepala dari belut listrik ini dipercaya mempunyai arus listrik yang positif tetapi ada beberapa yang mengatakan jika bagian kepala mempunyai arus listrik yang negatif. Sedangkan pada bagian ekornya mempunyai arus listrik yang negatif.

16. Sebenarnya hampir 7/8 bagian tubuh dari belut adalah berupa ekor.

17. Bagian mulut pada belut tidak mempunyai taring untuk mencabik buruannya sehingga pada saat makan belut hanya akan menggunakan mulutnya tanpa gigi dan langsung memakannya karena mulutnya hanya dapat seperti penyedot.

18. Ternyata belut listrik juga sering memunculkan dirinya kepermukaan air bukan untuk mendapatkan makanan tetapi mereka muncul kepermukaan hanya untuk bernafas.

19. Kuatnya arus listrik yang dimiliki oleh belut listrik sangat berpengaruh terhadap ukurannya. Misalnya untuk belut listrik yang mempunyai panjang mencapai 60 cm maka akan menghasilkan arus listrik sebesar 550 volt. Sedangkan untuk belut listrik yang panjangnya mencapai 78 cm maka mempunyai arus listrik hingga 572 volt dan untuk belut listrik yang mempunyai panjang badan mencapai 108 cm akan menghasilkan arus lisrik sampai dengan 860 volt.

20. Sengatan listrik dari belut listrik dapat membuat kerusakan pada bagian pernafasan bahkan dapat menyebabkan gagal jantung.

21. Belut listrik terpanjang yang pernah ditemukan berukuran 2,75 meter dengan beratnya yang mencapai 20 kg.






No comments: