7 Jenis Ikan Arwana yang Banyak Dipelihara

Updated at : February 21, 2016
Ikan arwana adalah salah satu jenis hewan predator yang juga digemari banyak orang untuk dijadikan ikan hias. Ikan air tawar ini biasanya hidup di rawa-rawa, habitatnya tersebar di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri ikan ini banyak dijumpai di daerah Papua dan Kalimantan.

Meskipun, ganas hewan ini banyak dipelihara di akuarium karena keindahan sisiknya. Warna yang terpancar dari sisiknya akan terlihat indah ketika ditimpa cahaya. Apalagi dengan struktur tubuhnya yang panjang dan ditutupi sisik lebar, sehingga keindahan warnanya terlihat mencolok.

Secara ekonomis ikan hias ini memiliki nilai yang tinggi. Harga yang dipatok untuk ikan dewasa bisa mencapai jutaan rupiah. Itu sebabnya banyak orang yang sengaja menernak ikan ini untuk diperjualbelikan.
Jenis Ikan Arwana yang Banyak Dipelihara

Ada banyak jenis ikan arwana yang dipelihara masyarakat, yaitu :

Arwana Super Red
Spesies ini asli dari Indonesia dan banyak dijumpai di daerah Kalimantan bagian barat. Habitatnya berada di sungai Kapuas dan danau Sentarum.

Sebenarnya spesies ikan ini masih terbagi lagi dalam beberapa jenis berdasarkan warnanya, yaitu warna merah darah, merah cabe, dan merah oranye. Ikan jenis ini memang memiliki warna merah yang dominan dan menyebar di sirip, ekor, dan sungutnya.

Warna merah pada ikan arwana ini akan tampak saat berumur 3-4 tahun. Tapi para pecinta ikan hias akan mempercepat munculnya warna merah dengan memberi pakan yang bagus, dan menempatkan di kolam besar yang langsung terkena sinar matahari.

Cross Golden Black Arwana
Jenis arwana ini berasal dari Malaysia. Spesies ini sebenarnya berasal dari Arwana Golden. Ciri khas dari jenis ini adalah munculnya ring yang melingkar di punggung ikan. Warna ikan ini bermacam-macam, seperti ungu, biru, dan gold.

Baca juga : Ikan Koi, 12 Fakta, Sejarah dan Informasi Menarik Lainnya.

Red Tail Golden Arwana
Spesies ini asli dari Indonesia, daerah asalnya ada di Sumatera, khususnya di Pekanbaru. Jenis ini sangat agresif, bahkan lebih agresif dibandingkan Cross Golden Black. Seperti pada jenis lainnya, ikan arwana ini memiliki banyak varian warna, yaitu biru, hijau, dan gold.

Sayangnya, warna sisik ikan ini tidak bisa melewati punggung. Warna hanya menyebar sampai pada sisik level ke-4. Dari segi harga ikan ini lebih murah dibandingkan jenis arwana yang lain.

Green Arwana
Sesuai dengan namanya, warna yang dominan di tubuh ikan ini adalah hijau. Ikan ini tidak memiliki ring seperti arwana lain.

Meskipun demikian, ikan arwana ini memiliki keindahan tersendiri dengan warna hijau cerah. Habitat ikan ini bisa bisa dijumpai di Malaysia, Thailand, Indonesia, Myanmar, dan Kamboja.

Banjar Red Arwana
Ikan arwana jenis ini merupakan arwana merah kelas dua. Perbedaannya dengan arwana Super Red adalah warna merah yang ada di tubuhnya tidak terlalu mencolok.

Warna merah muda pada ikan ini memiliki ciri khas tersendiri. Banjar Red muda sangat mirip dengan Super Red, tapi ketika dewasa perlahan warnanya mulai berubah menjadi merah muda. Ikan ini juga tidak memiliki ring, tapi harganya justru lebih mahal daripada Green Arwana.

Jardini Arwana
Keunikan ikan ini ada pada bintik-bintik pada sisiknya. Spesies ini memiliki banyak varietas. Habitat asalnya di Australia, dan sering juga ditemukan di perairan Papua.

Secara garis besar, jenis ikan ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu yang berjenis warna terang dan warna lebih gelap. Harga ikan arwana dewasa jenis ini cukup mahal.

Silver Arwana
Ikan ini sering disebut dengan ikan arwana Brasil. Sesuai dengan namanya, ikan ini memang berasal dari Amerika Selatan. Tapi saat ini, Silver Arwana sudah bisa dikembangbiakkan di Indonesia.
Bentuk tubuhnya sangat khas, yaitu panjang dan sirip yang panjang juga. Panjang arwana ini bisa mencapai 50-60 cm.

Dibandingkan Jardini, ikan ini lebih murah. Namun, saat dewasa ikan ini terlihat sangat indah. Apalagi sudah dikembangkan jenis silver platinum, yaitu warna silver yang pekat seperti platinum dan merata di seluruh tubuhnya.

Ikan arwana dewasa jenis ini dijual mulai dari harga Rp2.000.000. Sebagai hewan peliharaan ikan ini cukup indah menghias akuarium rumah Anda.[]






No comments: