Fakta dan Informasi Menarik Tentang Angsa

Updated at : February 19, 2016
Angsa atau Cygnus adalah hewan dari famili Anatidae yang memiliki anggota terbanyak. Secara garis besar, angsa di dunia dibagi kedalam tiga golongan spesies, antaralain:

a.   Cygnus olor
Cygnus olor atau angsa putih adalah hewan yang paling populer hampir di seluruh dunia. Dengan warna bulu yang putih berkilau, hewan ini sering dijadikan perlambang kesucian atau kesetiaan. Hewan yang satu ini memiliki leher yang berukuran cukup panjang dan banyak ditemukan di dataran Eurasia, namun demikian migrasi yang sering dilakukannya membuat burung jenis ini mulai menipis populasinya dan masuk dalam spesies yang dilindungi.

b.   Angsa terompet
Jenis hewan yang lainnya adalah angsa terompet yang memiliki ukuran leher sekitar 60 inci. Diantara jenis ini, adapula angsa hitam yang memiliki penampilan serupa hanya seluruh bulu yang dimiliki berwara hitam legam. Namun adapula hewan yang meski bulunya berwarna putih, kakinya berwarna kemerahan.

c.   Angsa whooper
Jenis burung yang satu ini dikatakan lebih berat daripada jenis lainnya yaitu sekitar 50 pound.

Setelah mengetahui berbagai kriteria angsa diatas, berikut adalah beberapa keistimewaan angsa yang perlu Anda tahu.

Fakta dan Informasi Menarik Tentang Angsa

Termasuk hewan yang setia
Tahukah Anda mengapa di beberapa negara,angsa dijadikan simbol dalam pernikahan ataupun simbol kasih sayang? Hal tersebut tak lepas dari sifat monogami yang dimilikinya. Seekor angsa jantan hanya akan bersama seekor angsa betina dalam kurun waktu yang sangat lama hingga kematiannya. Kasus “perceraian” hanya akan terjadi ketika proses bersarang yang dilakukan kedua individu burung tersebut mengalami kegagalan. Hewan yang satu ini juga dapat dikatakan setia saat menunggui kawanannya dalam migrasi, terutama ketika ada salah satu anggota kawanan yang jatuh dari formasi, dua angsa lain akan turun dan menunggu hingga angsa yang jatuh sudah benar-benar sembuh atau mati.

Hewan homoioterm
Hewan yang satu ini termasuk hewan homoioterm atau hewan yang suhu tubuhnya tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan suhu lingkungan. Dengan demikian, hewan yang satu ini mampu bertahan cukup lama di habitat yang baru.

Bukan hewan dimorfisme
Angsa bukan termasuk hewan dimorfisme (hewan berkelamin ganda), meski bentuk serta warna hewan jantan dan betina mirip, umumnya hewan jantan memiliki ukuran tubuh sedikit lebih besar dari hewan betina begitupula dengan berat tubuhnya.

Umumnya termasuk hewan herbivora
Angsa memiliki bentuk paruh yang tumpul di bagian ujung dan hal tersebut secara tidak langsung menandakan bahwa sebenarnya hewan yang satu ini adalah hewan herbivora. Hewan yang satu ini umumnya mengkonsumsi rumput, rumput laut, atau ganggang. Namun demikian, pada saat berada di atas permukaan laut, burung angsa juga memakan banyak zooplankton atau ikan kecil.

Sering melakukan migrasi
Saat berada di sebuah area, hewanyang satu ini akan tinggal hingga musim gugur sebelum kemudian terbang ke area yang lebih hangat untuk bertahan hidup. Umumnya hewan yang satu ini akan terbang secara berkelompok menuju arah selatan.

Selalu terbang berkelompok
Hewan angsa bukan termasuk hewan yang bisa bermigrasi atau terbang sendirian, hal tersebut karena dalam setiap kelompok akan ada pemimpin yang menjadi navigator dalam migrasi, jika ada seekorangsa yang tertinggal oleh kawanannya, kemungkinan besar hewan tersebut tidak akan dapat bertahan hidup lebih lama dan mati.

Selalu membentuk formasi saat terbang
Jika Anda memperhatikan langit dan menjumpai sekawanan angsa yang sedang terbang, cobalah perhatikan bagaimana cara mereka terbang. Tentunya mereka akan membentuk formasi tertentu agar semua anggota dalam kawanan terlindungi. Umumnya kumpulan angsa ini akan membentuk huruf V dan pada saat pemimpin kawanan lelah, sang pemimpin akan melakukan manuver terbang kebelakang dan digantikan anggota lainnya. Angsa yang ada dibelakang juga akan mengeluarkan suara khas dengan bertujuan memberi semangat pada pemimpinnya.

Memiliki ukuran sayap yang besar
Tahukah Anda bahwa hewan yang satu ini memiliki ukuran sayap yang cukup besar dan mampu membentang luas? Bentangan sayap angsa diperlukan untuk memudahkan pertahanan angsa ketika terbang, agar tidak mudah terluka atau terhempas oleh tekanan angin yang terlalu kencang.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Angsa
http://bukudanartikel.mywapblog.com/hal-unik-dan-menarik-dari-angsa.xhtml





No comments: