Ciri Khusus Bunglon dan Fungsinya

Updated at : February 03, 2016
Ciri Khusus Bunglon dan Fungsinya - Bunglon merupakan jenis reptil yang populer di masyarakat karena kemampuan mengubah warna kulitnya.

Bunglon merupakan salah satu dari sekian banyak jenis Chameleon. Ada lebih 100 jenis chameleon. Reptil ini dapat merubah warna tubuhnya dengan macam variasi warna misalnya warna kombinasi pink, biru, merah, hijau, hitam, coklat, biru muda, kuning, biru kehijauan, serta warna ungu. Chameleon memiliki kulit yang mempunyai lapisan superfisial yang berisi pigmen serta di bawah lapisan sel-sel dengan guanin kristal.

Pigment unik yang terdapat di lapisan kulit chameleon memberi hewan ini kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya. Selama ini banyak yang percaya jika bunglon mengubah warna kulitnya untuk menyelamatkan diri dari serangan musuhnya dan menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Tetapi tahukah anda jika ada beberapa alasan lain yang menjadi penyebab bunglon merubah warna kulit tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya seperti dijelaskan National Geographic.
Ciri Khusus Bunglon dan Fungsinya
Bunglon Madagskar
# Yang pertama adalah Sinar Matahari
Saat bunglon berjemur di bawah terik sinar matahari maka reptil ini akan mengubah warna kulit tubuhnya menjadi warna hijau guna memaksimalkan refleksi sinar matahari yang diperoleh.

# Yang kedua adalah Suhu
Saat suhu dingin warna kulit bunglon akan berubah ke warna yang lebih gelap yang berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan panas.

# Yang ketiga adalah Mood

Bunglon jenis kelamin jantan saat akan berkelahi atau istilah lainnya ditantang oleh bunglon lain dapat warna kulitnya bisa berubah warna menjadi merah kekuningan, atau pada saat bunglon jatuh cinta warna kulit reptil ini bisa berubah guna menarik perhatian lawan jenisnya.

Reptil ini memang mempunyai kemampuan unik untuk merubah warna kulit tubuhnya tetapi bunglon tidak dapat merubah warna kulitnya ke semua warna, hewan ini hanya mampu berubah warna ke warna-warna tertentu saja.

Bunglon memiliki ciri khusus seperti jenis hewan yang lain misalnya cicak, tokek, kelelawar dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh hewan bunglon.

Ciri khusus bunglon dan fungsinya :

1. Memiliki kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya(mimikri) yang berfungsi untuk  melindungi diri dari musuhnya.

2. Mempunyai lidah yang panjang dan lengket yang berfungsi untuk menangkap mangsanya.

3. Mempunyai kaki yang bisa mencengkeram seperti tangan sehingga bisa mencengkram dengan kuat.

4. Mempunyai mata yang bisa berputar serta bisa melihat ke segala arah.

5. Mempunyai ekor yang bisa menggulung yang berguna untuk bergantung di pohon.

Demikian pembahasan mengenai Ciri Khusus Bunglon dan Fungsinya semoga bermanfaat, bila terdapat kesalahan dalam penulisan mohon saran perbaikannya. Baca juga tulisan menarik lainnya mengenai Ciri Khusus Hewan dan Fungsinya. []

Sumber bacaan : Apa kabar dunia dan Wikipedia.





No comments: