Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

Updated at : February 01, 2016
Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya - Cecak atau cicak merupakan hewan reptil yang umum kita temukan merayap di pohon atau dinding. Cicak umumnya berwarna abu-abu, tetapi ada juga yang memiliki warna coklat kehitam-hitaman. Cicak  umumnya memiliki ukuran kurang lebih sekitar 10 centimeter. Cicak dan tokek tergolong dalam suku Gekkonidae.

Kata cecak diperkirakan berasal dari suara yang dimiliki oleh hewan ini yakni :"cak, cak". Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan jika kata ini adalah sebuah onomatope.

Cicak ada banyak jenis dan macamnya dilingkungan sekitar kita misalnya rumah kita bisa menjumpai beberapa jenis cicak diantaranya yaitu :

* Cecak tembok (Nama latin Cosymbotus platyurus), Cicak jenis ini sangat mudah kita temukan di dinding-dinding rumah atau sekitar atap. Memiliki tubuh pipih lebar serta memiliki ekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya.

Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

* Cecak kayu (Nama latin Hemidactylus frenatus), memiliki tubuh lebih kurus dan ekornya bulat dengan enam deret tonjolan kulit menyerupai duri pada ekornya. Cicak jenis ini umumnya menyukai tinggal di pohon di halaman rumah dan di bagian rumah yang berkayu misal atap. Biasanya ditemukan bersama dengan jenis cicak tembok di tembok bagian luar sebuah rumah di dekat lampu. Tetapi biasanya kalah dalam bersaing memperebutkan makanan.

* Cecak gula (Nama latin Gehyra mutilata), memiliki ukuran kecil sampai sedang, memiliki panjang kurang lebih sampai sekitar 120 mm, namun biasanya kurang dari 10 cm. Bertubuh gemuk, pendek, dengan kulit transparan berbintik-bintik. Cicak ini sering dijumpai di lokasi sekitar dapur, lemari makan dan kamar mandi. Butir-butir nasi dan gula merupakan kesukaannya. Seringkali dijumpai berada didalam gelas kopi.

* Cecak batu (Nama latin Cyrtodactylus marmoratus).

Berikut ini adalah Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya :

1. Cicak mempunyai telapak kaki yang lengket yang berfungsi memudahkan dan memungkinkan cicak bisa menempelkan kakinya di tembok serta berjalan tanpa terjatuh.

2. Ciri khusus cicak yang lain yaitu kemampuan memutuskan ekor dalam keadaan bahaya atau autotomi. cicak memutuskan ekor untuk melindungi diri dari musuhnya.

3. Cicak memiliki lidah yang panjang dan lengket yang berfungsi untuk menangkap mangsanya yang berupa serangga yang terbang.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khusus cicak dan fungsinya semoga bermanfaat. Baca juga info mengenai Ciri Khusus Hewan dan Fungsinya. []





No comments: