Ciri Khusus Landak dan Fungsinya

Updated at : February 03, 2016
Ciri Khusus Landak dan Fungsinya - Landak merupakan hewan adalah hewan pengerat yang mempunyai rambut tebal yang berbentuk duri tajam. Hewan ini dapat ditemukan di kawasan Asia, Afrika dan Amerika serta cenderung menyebar di wilayah tropika. Landak adalah hewan pengerat ketiga terbesar jika dilihat dari segi ukuran tubuh. Hewan ini memliki tubuh yang agak bulat dengan pergerakan tidak begitu lincah jika dibandingkan dengan hewan tikus.

Landak secara umum merupakan jenis hewan herbivora yang menyukai daun dan batang tanaman khususnya bagian kulit kayu. Karena hal tersebut banyak orang beranggapan jika landak merupakan hama tumbuhan pertanian.

Karena pergerakan hewan ini yang lambat hewan ini memiliki pertahanan diri yang unik untuk melindungi diri dari musuhnya yaitu duri tajam yang terdapat hampir diseluruh bagian tubuhnya. Jika tidak terdapat duri di tubuhnya landak akan menjadi mangsa empuk bagai para predator hewan ini.

Landak merupakan jenishewan pengerat yang menjadi anggota keluarga dari Hystricidae/Erethizontidae.
Ciri Khusus Landak dan Fungsinya
Landak Jawa
Landak yang hidup di Amerika Utara bisa mencapai berat tubuh sampai 18 kg dengan panjang 85 centimeter serta mempunyai sekitar 30.000 duri.

Musim kawin hewan ini terjadi pada akhir musim panas serta pada awal musim gugur. Landak yang berkelamin jantan akan berubah menjadi agresif saat musim kawin untuk memperebutkan pasangannya.

Hewan ini akan melahirkan anak sekitar tujuh bulan setelah kawin umumnya hanya satu ekor. Pada saat lahir duri dari bayi hewan ini masih lunak dan akan mengeras dalam waktu sekitar satu jam.

Anak landak mulai mencari makanan sendiri pada waktu berumur 1 atau 2 hari, meskipun mereka tetap hidup bersama dengan induknya sampai berumur kurang lebih enam bulan.

Setelah membaca uraian singkat diatas pasti kamu dapat menyimpulkan apa ciri khusus hewan landak. Jika masih belum bisa menyimpulkan berikut ini adalah Ciri khusus Landak dan fungsinya.

Landak mempunyai duri pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Bulu berduri yang dimiliki oleh hewan ini adalah salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh hewan landak. Baca juga informasi lengkap tentang Ciri Khusus Hewan dan Fungsinya. []





No comments: