Ciri Khusus Tokek dan Fungsinya

Updated at : February 01, 2016
Ciri Khusus Tokek dan Fungsinya - Tokek merupakan nama umum yang dipakai untuk menyebut cicak besar. Jenis tokek ada banyak macamnya, tetapi istilah tokek secara sempit umum disamakan dengan anggota marga Gekko, suku Gekkonedae.(wikipedia)

Sedangkan tokek dalam bahasa awam biasanya merujuk pada tokek rumah (gekko gecko), yang daerah penyebarannya sangat luas.(wikipedia)

Daerah penyebarannya meliputi India timur, Nepal, Bangladesh, lewat Myanmar, Tiongkok selatan dan timur, serta Thailand, Semenanjung Malaya dan pulau-pulau di sekitarnya, Sumatra, Jawa, kalimantan, Sulawesi, Lombok, Flores, Timor, Aru dan Kepulauan Filipina.
Ciri Khusus Tokek dan Fungsinya
Tokek
Tokek merupakan jenis reptil yang sudah sangat dikenal oleh manusia. Karena hewan ini banyak tinggal atau merayap di dinding dan langit-langit rumah. Umumnya tokek di jumpai pada malam hari karena hewan ini termasuk hewan yang aktif pada malam hari.

Tokek bisa merayap serta menempel di berbagai permukaan karena kaki tokek mempunyai lapisan khusus yang terdiri atas rambut-rambut yang sangat halus. Struktur dari lapisan ini memungkinkan tokek bisa menempel dengan baik di berbagai macam permukaan.

Pernahkah kamu melihat tokek tanpa ekor?

Tokek memiliki kemampuan untuk memutuskan ekor dalam keadaan berbahaya atau biasa disebut dengan autotomi. Tujuan dari kemampuan ini adalah untuk mengecoh musuh atau pemangsanya. Bagian ekor tokek yang telah terputus tetap aktif bergerak sehingga bisa memperdaya musuhnya.

Ekor baru akan segera tumbuh kembali dalam beberapa minggu. Ekor baru umumnya berwarna gelap jika dibandingkan dengan warna sebelumnya. Kamampuan Autotomi ini juga dimiliki oleh cicak.

Ciri Khusus Tokek dan Fungsinya

1. Tokek memiliki ciri khusus berupa guratan-guratan lapisan pelekat pada kakinya yang berfungsi untuk merayap di berbagai permukaan.
2. Tokek memiliki kemampuan autotomi atau memutuskan ekor yang berfungsi untuk melindungi diri atau mengelabui musuhnya.
3. Memiliki lidah yang panjang dan lengket yang berfungsi untuk menangkap mangsanya.

Baca juga info tentang Ciri Khusus Hewan dan Manfaatnya.

Demikian pembahasan singkat yang kami rangkum dari berbagai sumber mengenai ciri khusu tokek dan fungsinya semoga bermanfaat.[]






No comments: